Jumat 20 September 2019, 04:10 WIB

PTPN Raih US$390,6 Juta dari Sindikasi Perbankan Global

(Ata/E-3) | Ekonomi
PTPN Raih US$390,6 Juta dari Sindikasi Perbankan Global

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/kye.
perkebunan kelapa sawit

 

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III (persero) berhasil menggalang dana sebesar US$390,6 juta atau setara dengan Rp5,5 triliun dari sindikasi perbankan global dalam dan luar negeri. PTPN III bekerja sama dengan perusahaan jasa keuangan terkemuka Sumitoko Mitsui Group (SMFG) melalui SMBC Singapore Branch dan PT Bank BTPN Tbk untuk menggalang dana tersebut.

Sebanyak 18 institusi bank dan lembaga keuangan memberikan kepercayaan dengan turut menjadi peserta USD syndicated term loan facility.

Pelaksana Tugas Direktur Utama PTPN III Seger Budiardjo mengatakan pemberian fasilitas pembiayaan ini menunjukkan bahwa PTPN III (persero) makin dipercaya oleh kalangan investor dan kreditur baik dari dalam maupun luar negeri.

Seger mengatakan fasilitas pembiayaan sindikasi perbankan dan lembaga keuangan global ini ditandai dengan komitmen awal pinjaman sebesar US$200 juta yang ditandatangani pada 27 Juni, dan dilanjutkan dengan eksekusi opsi greenshoe sebesar US$190,6 juta pada 20 Agustus.

Dia menuturkan fasilitas term loan tersebut rencananya digunakan untuk mendukung kebutuhan modal kerja dalam menjalankan transformasi bisnis PTPN III dan anak perusahaan.

"Dana ini akan kami gunakan untuk kepentingan transformasi dan modal kerja. Ini akan kami gunakan sebaik-baiknya untuk struktur organisasi, sumber daya alam (SDA), dan sebagainya," tutur Seger di Hotel Westin, Jakarta Selatan, kemarin.

Secara terperinci, Seger menuturkan, dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan empat komoditas utama PTPN III, yaitu sawit, karet, teh, dan tebu.

"Pembiayaan yang diperoleh, kalau dari on farm akan digunakan untuk perawatan tanaman, mencari bibit bagus, pemupukan, dan sebagainya. Dari segi outfarm, pabrik juga akan kami perbaiki," ucapnya.

Adapun pada 2019 PTPN III menargetkan untuk menggalang dana dari perbankan lokal ataupun penanaman modal sebesar Rp15 triliun.

"Rp15 triliun target untuk tahun ini, dan sampai saat ini sudah tercapai Rp9 triliun, dari perbankan, penanaman modal, hingga sukuk," tambah Direktur Keuangan PTPN III Mohammad Yudayat. (Ata/E-3)

Baca Juga

Antara/Jessica Helena Wuysang

Akankah Heru Pambudi Masih Lanjut jadi Dirjen Bea Cukai?

👤Raja Suhud 🕔Senin 13 Juli 2020, 15:23 WIB
Heru diangkat menjadi Dirjen Bea dan Cukai sejak 1 Juli 2015, atau sudah lima tahun...
Ilustrasi

Rupiah Menguat Tipis Mengawali Pekan Ini

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 13 Juli 2020, 13:55 WIB
Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan ini, Senin (13/7) alami penguatan. Hal ini...
MI/SUSANTO

BI: Kegiatan Usaha pada Triwulan II 2020 Terkontrasi -35,75%

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 13 Juli 2020, 13:38 WIB
"Penurunan kegiatan dunia usaha terjadi pada seluruh sektor ekonomi dengan penurunan terdalam pada sektor Industri Pengolahan, sektor...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya