Kamis 19 September 2019, 08:41 WIB

Udang Endemik di Sulawesi Terancam Punah

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Udang Endemik di Sulawesi Terancam Punah

Antara
Danau Towuti di Sulawesi Selatan tempat tinggal udang endemik Caridina woltereckae yang saat ini hampir punah.

 

SULAWESI mempunyai udang endemik yang masuk ke dalam daftar spesies kritis yang terancam punah. Salah satunya adalah spesies udang harlequin Caridina woltereckae.

"Perpaduan coraknya yang cantik dengan dominasi merah marun dan putih menjadikan spesies ini  banyak diburu oleh para pedagang ikan hias,” ungkap peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI Daisy Wowor dalam pernyataan tertulis, Kamis (19/8).

Daisy menemukan spesies udang endemik danau Towuti, Sulawesi selatan ini pada 2009 silam.

"Caridina adalah nama genus sedangkan nama spesies woltereckae adalah penghormatan untuk  jasa peneliti udang-udangan, Eva Woltereck,” jelasnya.

Daisy juga menemukan beberapa jenis udang hias lainnya seperti Caridina mahalona di kompleks danau  Malili, Sulawesi Selatan dan Caridina longidigita di danau Poso, Sulawesi Tengah.

"Danau Towuti merupakan danau purba yang terbentuk akibat proses tektonik yang bersifat oligotrofik. Karakter danau oligotrofik yang memiliki air jernih, miskin zat hara, namun kandungan oksigen memadai menjadi ekosistem yang tepat untuk beberapa spesies flora dan fauna endemik," tuturnya.

International Union for Conservation of Nature (IUCN) telah memasukkan Caridina woltereckae  ke dalam daftar merah spesies terancam punah.

"Selain faktor manusia, banyaknya ikan invasif  yang ada dan memburuknya kualitas habitat danau semakin memperparah kondisi keberadaan udang hias endemik ini,” imbuh Daisy.

baca juga: Bea Cukai dan KLHK Tindak 3 Importir Limbah

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) selaku otoritas ilmiah pemberian data dan timbangan ilmiah konservasi keanekaragaman hayati menjadikan Caridina woltereckae sebagai salah satu ikon seri perangko satwa nusantara dalam rangka peringatan 125 tahun Museum Zoologi Bogor.

Bersama dengan instansi terkait seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehuatanan serta Kementerian Kelautan dan Perikanan, LIPI terus berupaya menjaga keberlangsungan keanekaragaman hayati dari kepunahan. (OL-3)

 

Baca Juga

Antara

Dahlan Iskan Ungkap Tiongkok sudah Ciptakan Vaksin Anti-Covid-19

👤Henri Siagian 🕔Selasa 26 Mei 2020, 11:04 WIB
Dia menjelaskan, setidaknya riset yang dipimpin oleh ahli epidemiologi and virologi di militer Tiongkok Chen Wei, sudah diuji coba sebanyak...
Dok Agus Suparto/Biro Pers Sekretariat Presiden

Sambut New Normal, Jokowi Minta Pengetatan Protokol Kesehatan

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:04 WIB
"Kita harapkan nantinya dengan dimulainya TNI dan Polri ikut secara masif mendisiplinkan masyarakat, menyadarkan masyarakat,...
Ist

Kampus IPDN Gelar Halalbilahal di Tengah Pandemi

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 26 Mei 2020, 09:57 WIB
Kegiatan tersebut dilakukan atas perintah Rektor IPDN untuk menghibur praja yang selama ini melakukan karantina di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya