Kamis 19 September 2019, 09:25 WIB

Pulau Siberut Tengah Dialiri Listrik PLTBm

YH/LN/N-1 | Nusantara
Pulau Siberut Tengah Dialiri Listrik PLTBm

ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi
Peresmian PLTBm oleh Menteri PPN Bambang Brojonegoro di Desa Saliguma, Pulau Siberut tengah, Kepulauan Mentawai, Selasa (17/9/2019).

 

KEMENTERIAN Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) meresmikan pembangkit listrik tenaga biomassa (PLTBm) di Pulau Siberut Tengah, Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, Selasa (17/9). Bahan bakar yang digunakan PLTBm itu ialah bambu.

PLTBm dengan kapasitas 250 kilowatt (kw) itu dikembangkan pembangkit tenaga listrik swasta atau Independent Power Producer (IPP).

Menteri PPN Bambang Brodjonegoro mengatakan, Kementerian PPN/Bappenas terus mendorong pengembangan pembangkit listrik yang ramah lingkungan. Selain meningkatkan bauran energi, langkah itu diharapkan bisa mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil.

PLTBm tersebut merupakan proyek hibah MCC Amerika Serikat yang dilaksanakan PT Charta Putra Indonesia (CPI).

"Pembangunan PLTBm ini sangat unik karena menggunakan bambu sebagai bahan bakarnya. PLTBm pertama di Indonesia ini dilaksanakan PT CPI selama 5 tahun," katanya.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Mentawai juga telah melakukan kerja sama dengan perusahaan daerah PLN melalui excess power. Adapun PLTBm ini dibangun di tiga desa, yaitu Desa Saliguma dengan kapasitas 250 kw, Desa Madobag dengan kapasitas 300 kw, dan DesaMatotonan dengan kapasitas 150 kw.

Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi tinggi kepada Kementerian PPN yang telah hadir dan berkarya di tengah-tengah masyarakat Kepulauan Mentawai.

Sementara itu, di Sulawesi Selatan masih banyak pulau yang belum teraliri listrik, termasuk tiga pulau yang ada di Kota Makassar, yaitu Pulau Kodingareng, Barrang Lompo, dan Barrang Caddi yang masuk wilayah Kecamatan Sangkarrang.

Oleh karena itu, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah saat menerima kunjungan Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar, Miyakawa Katsutoshi, kemarin, membahas rencana pembangunan instalasi pembangkit sistem baterai hibrid atau storage system for RES integration (micro grid) di Sulawesi Selatan. (YH/LN/N-1)

Baca Juga

Istimewa

Selama Pandemi KSP di Karawang Banyak Gagal Bayar

👤Cikwan Suwandi 🕔Senin 23 November 2020, 23:35 WIB
SELAMA Covid-19, puluhan koperasi simpan pinjam (KSP) di Karawang, Jawa Barat mengaku kesulitan. Tingginya permintaan pinjaman dari anggota...
Ist

Satu Karyawan Positif Kantor Baznas Tarakan Tutup Sementara

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 23 November 2020, 21:59 WIB
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tarakan, Kalimantan Utara, tutup selama tiga hari setelah ada karyawannya yang tertular...
Antara

Tanah Adat di Papua dan Papua Barat Bakal Dijadikan Perkebunan

👤mediandonesia.com 🕔Senin 23 November 2020, 21:05 WIB
ADA enam wilayah adat di Papua dan Papua Barat yang punya banyak lahan tidur dan masyarakat ingin memanfaatkan lahan itu untuk perkebunan,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya