Kamis 19 September 2019, 07:55 WIB

Diet Pengaruhi Emisi Gas Rumah Kaca

Haufan Hasyim Salengke | Humaniora
Diet Pengaruhi Emisi Gas Rumah Kaca

MI/Duta
Ilustrasi MI

 

UPAYA manusia dalam memenuhi diet bergizi dengan kalori cukup di negara-negara berkembang akan berefek pada peningkatan emisi gas rumah kaca dan penggunaan air yang besar. Demikian laporan sejumlah ilmuwan di Johns Hopkins University, Amerika Serikat, Senin (16/9). Karena itu, negara-negara berpenghasilan tinggi diserukan untuk mempercepat adopsi diet nabati.

Para peneliti di universitas itu mengembangkan model yang melihat bagaimana perubahan pola makan di 140 negara akan berdampak pada emisi gas rumah kaca dan penggunaan air tawar di tingkat individu dan negara. Studi itu diterbitkan di jurnal Global Environmental Change.

Misalnya, pola makan mengandung protein hewani tingkat rendah (ikan kecil) memiliki dampak lingkungan yang hampir sama rendahnya dengan pola makan vegan. Studi itu juga menemukan negara asal makanan dapat memiliki konsekuensi besar terhadap dampak iklimnya.  (Channel News Asia/Hym/X-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More