Kamis 19 September 2019, 06:00 WIB

Kemendikbud Manfaatkan AI untuk majukan Pendidikan

(Aiw/H-1) | Humaniora
Kemendikbud Manfaatkan AI untuk majukan Pendidikan

ANTARA/Katriana/am.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno

 

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan bersiap memajukan sistem pendidikan Indonesia dengan memanfaatkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk menghadapi era industri 4.0.

"Bagaimana kita menyikapi, tidak menolak, terutama guru-guru kita. Bagaimana kita menempatkan diri supaya peran menjadi guru tidak gampang digantikan oleh teknologi," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno seusai membuka acara International Conference: Embedding Artificial Intelligence (AI) in Education Policy and Practice for Southeast Asia yang digelar di Jakarta, kemarin. Ia mengatakan bahwa guru perlu berpikir kreatif dan menyikapi kemajuan teknologi dengan terus belajar serta membuka diri terhadap perkembangan.

Deputi II Kantor Staf Presiden Yanuar Nugroho menambahkan, pengembangan AI merupakan pengejawantahan dari visi lima tahun ke depan yang fokusnya pada pembangunan SDM. "Fokus utama pada pembangunan manusia itu, selain kesehatan, adalah pendidikan. Bersamaan dengan pembangunan SDM tersebut, perkembangan teknologi tidak bisa dihalangi," pungkas dia. (Aiw/H-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More