Rabu 18 September 2019, 22:15 WIB

Trump Angkat O'Brien sebagai Penasihat Keamanan Nasional

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Trump Angkat O

(Photo by Erik SIMANDER / TT News Agency / AFP)
Robert O'Brien

 

PRESIDEN Donald Trump pada Rabu (18/9) menunjuk negosiator sandera Amerika Serikat Robert O'Brien untuk menggantikan John Bolton sebagai penasihat keamanan nasionalnya, menjadikannya orang keempat yang menduduki jabatan itu dalam pemerintahan Trump.

O'Brien, yang telah menjabat sebagai utusan khusus Trump untuk urusan sandera di Departemen Luar Negeri AS sejak Mei 2018, memiliki sejarah panjang dalam lingkaran kebijakan luar negeri Partai Republik.

"Saya senang mengumumkan saya memilih Robert C O'Brien, yang saat ini menjabat sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Urusan Penyanderaan di Departemen Luar Negeri yang sangat sukses, sebagai penasihat keamanan nasional baru kami," kata Trump dalam sebuah cuitannya.

"Saya telah bekerja lama dan keras dengan Robert. Dia akan melakukan pekerjaan dengan baik!"


Baca juga: Inggris Kecam Pelaku Serangan Kilang Minyak Saudi


O'Brien adalah seorang pengacara dari Los Angeles yang telah menjabat sebagai penasihat kebijakan luar negeri untuk beberapa kampanye kepresidenan Republik. Ia menangani sejumlah kasus hukum terkemuka dan sebelumnya bertugas di beberapa posisi Departemen Luar Negeri, termasuk sebagai wakil alternatif untuk Majelis Umum PBB pada 2005.

Trump telah mempertimbangkan sejumlah pergantian potensial setelah Bolton melepaskan jabatan pekan lalu setelah perselisihan dengan presiden mengenai penanganannya terhadap Korea Utara dan Venezuela.

Penasihat keamanan nasional sebelumnya adalah H.R McMaster, yang digantikan oleh Bolton pada Maret 2018, dan Michael Flynn, yang dipecat tak lama setelah mengambil peran itu dan kemudian mengaku bersalah telah berbohong kepada FBI. (Washington Post/OL-1)

 

Baca Juga

INSTAGRAM/kbridsm

Berbagi Keceriaan Idulfitri untuk WNI di Tanzania

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Mei 2020, 14:00 WIB
Duta Besar RI Dar es Salaam Prof. Dr. Ratlan Pardede berharap Idulfitri tahun ini tidak kehilangan makna karena keterbatasan yang ada...
AFP/KARIM JAAFAR

Dianggap Langgar Privasi, Aplikasi Covid-19 Qatar Tuai Kecaman

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 25 Mei 2020, 12:15 WIB
Aplikasi versi Qatar ini juga memaksa pengguna gawai Android untuk mengizinkan akses ke galeri foto dan video serta mengizinkan aplikasi...
AFP/Behrouz MEHRI

Jepang Berencana Cabut Darurat Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 25 Mei 2020, 11:25 WIB
Mayoritas warga menuruti imbauan itu dengan mayoritas jalan di Tokyo menjadi sepi dan angka infeksi covid-19 turun dari 700 per hari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya