Rabu 18 September 2019, 19:07 WIB

DPR Targetkan Pembahasan Ibu Kota Baru Tuntas Bulan Ini

Putra Ananda | Politik dan Hukum
DPR Targetkan Pembahasan Ibu Kota Baru Tuntas Bulan Ini

MI/Susanto
Ketua Pansus Pemindahan Ibu Kota Negara DPR Zainudin Amali

 

DPR menargetkan pembahasan rencana pemindahan ibu kota negara bisa selesai dalam masa sidang saat ini.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) pemindahan ibu kota negara Zainudin Amali mengatakan, pihaknya akan segera mengeluarkan respon resmi DPR terhadap usulan pemerintah terkait pemindahan ibu kota negara.

"Kalau bisa ya akhir periode ini, toh ini tidak terlalu banyak pekerjaan. Karena ini bukan bahas UU. Kita membahas apa yang menjadi respon DPR terhadap usulan pemerintah," tutur Zainudin saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/9).

Zainudin melanjutkan, Pansus juga akan membahas hal-hal pokok yang dibahas dalam pansus pemindahan ibu kota negara. Pansus akan membahas hal-hal terkait sumber pembiayaan, infrastruktur, lahan lingkungan, serta regulasi terkait aparatur negara.

Baca juga : Fachry Ali : Pemindahan Ibu Kota Jadi Awal Periode 'Post Java'

"Saya kira kita akan kaji beberapa hal pokok besar ini dalam pansus," paparnya.

Zainudin melanjutkan, pansus juga akan melakukan kajian yang lebih mengutamakan hal kuantitatif dalam pembahasan pemindahan ibu kota dengan presentase mencapai 70%.

Sedangkan 30% sisanya membahas hal-hal terkait kualitatif. Zainudin menilai surat presiden terkait rencana pemindahan ibu kota memiliki dasar untuk dibahas oleh DPR.

"Semua fraksi harus melepaskan subyektifitas mereka sehingga objektif. karena hasilnya menjadi sikap lembaga kita dari DPR yang akan disampaikan respon DPR terhadap usulan pemerintah," ujarnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More