Rabu 18 September 2019, 13:04 WIB

Omnibus Law akan Buat Iklim Investasi Semakin Baik

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Omnibus Law akan Buat Iklim Investasi Semakin Baik

MI/RAMDANI
Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil

 

MENTERI Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil menekankan Omnibus Law akan membuat iklim investasi di dalam negeri semakin baik.

Regulasi yang akan menghapus berbagai hambatan-hambatan yang ada itu diyakini bisa menciptakan kemudahan berusaha. Pelaku usaha tidak perlu lagi memenuhi banyak izin untuk memulai bisnis di Tanah Air.

Ia mencontohkan di sektor properti. Nantinya, dengan berpegang pada Omnibus Law, pelaku usaha tidak perlu lagi banyak mengajukan perizinan.

Pemerintah akan meniadakan izin-izin yang sudah menjadi standar pendirian bangunan seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Baca juga: BI Didorong Turunkan Suku Bunga ke Level 5,25%

"Karena sekarang pun, kalau punya izin membangun 400 meter, ada yang bangun sampai 800 meter. Kemudian, izinnya membangun dengan bahan baku A, tetapi realisasinya membangun dengan bahan baku B. Ada yang peduli? Tidak ada. Jadi kita tiadakan saja izin. Kita pakai standar pembangunan," jelas Sofyan di Jakarta, Rabu (18/9).

Yang dia maksud dengan menggunakan standar ialah pemerintah akan menetapkan ketentuan-ketentuan untuk mendirikan bangunan yang wajib diikuti pelaku usaha dalam membangun properti.

Jadi, pelaku usaha tidak perlu lagi mengajukan izin, tetapi mereka harus mengikuti ketentuan yang telah menjadi standar.

"Jadi silakan bangun asal sesuai standar. Kalau tidak sesuai, nanti akan ada inspektur bangunan yang akan menertibkan, membongkar. Karena di negara-negara maju begitu. Bangun apa saja boleh, asal sesuai standar," tandasnya. (OL-2)

Baca Juga

ANTARA

Rupiah Menguat Respons Positif Skenario Normal Baru

👤Antara 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:34 WIB
Pada pukul 9.40 WIB, rupiah menguat 15 poin atau 0,1% menjadi Rp14.740 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.755 per dolar...
ANTARA

IHSG Kembali Menghijau, Sentimen Positif Terus Berlanjut

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 27 Mei 2020, 09:47 WIB
Berdasarkan pantauan pada pukul 09.00 WIB, IHSG dibuka naik 0,04% atau 2,03 poin ke posisi...
DOK Kementerian PPN/Bappenas

Bappenas: Konsultasi Triwulanan untuk Sinergi Lawan Covid-19

👤Dwi Tupani 🕔Rabu 27 Mei 2020, 09:37 WIB
“Presiden meminta Kementerian PPN/Bappenas untuk mendesain ulang Sistem Kesehatan Nasional, oleh karena itu kami juga berharap hal...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya