Selasa 17 September 2019, 22:20 WIB

Kereta MTR Hong Kong Tergelincir, 8 Warga Terluka

Kereta MTR Hong Kong Tergelincir, 8 Warga Terluka

AFP
Kereta MTR di Hong Kong tergelincir

 

SEBUAH kereta api penumpang mass transit railway (MTR) Hong Kong tergelincir dari relnya selama jam sibuk pagi hari, Selasa (17/9). Sedikitnya delapan penumpang luka-luka akibat kecelakaan tersebut.

Gambar-gambar dari tempat kejadian menunjukkan tiga gerbong telah meninggalkan rel dan secara zig-zag melintasi rel dekat Stasiun Hung Hom di Kowloon--persimpangan sibuk yang menyediakan layanan ke daratan Tiongkok.

Penumpang harus meninggalkan kereta melalui pintu yang rusak dan melintasi di jalur East Rail untuk mencapai keselamatan.

Sebanyak 500 penumpang telah dievakuasi dari kereta. Delapan penumpang cedera ketika mereka tiba di concourse stasiun.

Tayangan televisi menunjukkan ratusan penumpang mencoba turun dari kereta yang tergelincir. Media RTHK mengatakan kereta tiba-tiba bergoyang dan pintu terbuka sebelum kereta berhenti.

Stasiun terdekat terlalu penuh akibat kereta yang mengantre dan tak bisa bergerak ke mana pun. Sementara itu, kereta yang biasanya berjalan pada interval 2 menit ditunda hingga interval 12 menit. "Layanan kereta api di antara dua stasiun di jalur itu telah ditunda karena kecelakaan," menurut MTR Corporation, Selasa (17/9).

Penyebab tergelincirnya kereta itu masih diselidiki, tetapi tidak ada informasi mengenai adanya dugaan sabotase, khususnya setelah Hong Kong dikuasai aksi protes massa prodemokrasi pada sistem angkutan massal kota. "Kami tidak akan menyampingkan kemungkinan apa pun, tetapi pada tahap ini kami tidak akan berspekulasi pada saran tertentu," kata Kepala Transportasi Kota, Frank Chan, kepada wartawan di sebuah wawancara.

Saham MTR dilaporkan turun 1,1% sejalan dengan Indeks Hang Seng tak lama peristiwa tersebut. "Pada pukul 09.15, East Rail Line dan The West Rail Line berjalan pada interval yang diperpanjang," kata MTR.

Sebelumnya, sistem kereta Hong Kong itu menjadi sasaran vandalisme selama protes di kota tersebut. Para aktivis marah, MTR telah menutup stasiun untuk menghentikan berkumpulnya pengunjuk rasa.

Pada Maret, lokomotif MTR tergelincir dan menabrak kereta lain selama pengujian sistem penyinyalan baru. Kedua kereta rusak parah dan dua pengemudi luka ringan. (AFP/Hym/I-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More