Selasa 17 September 2019, 19:46 WIB

Soal UU SDA, Apindo Soroti Soal Kerja Sama Swasta-Pemda

Ihfa Firdausya | Ekonomi
Soal UU SDA, Apindo Soroti Soal Kerja Sama Swasta-Pemda

MI/Agung wibowo
Ilustrasi Air

 

KETUA  Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Soetrisno Iwantono menyambut positif  beberapa poin dalam RUU Sumber Daya Air yang baru disahkan menjadi Undang-Undang oleh DPR RI, Selasa (17/9).

"Mengenai pungutan 10% dari profit sudah tidak ada, mengenai bank garansi, sudah tidak ada. Untuk hal-hal ini kita memberikan apresiasi atas masukan pengusaha yang diadopsi," ujar Soetrisno saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (17/9).

Namun, masih ada poin yang dirasa belum 'clear' oleh Apindo. Yakni soal keharusan kerja sama dengan pemerintah daerah.

"Jika ada investasi di satu daerah, maka investor itu harus bekerja sama dengan pemerintah. Ini yang mungkin nanti memerlukan penjelasan seperti apa sebenarnya yang dimaksud," lanjut Soetrisno.

Baca juga : RUU Sumber Daya Air Sah jadi Undang-Undang

Menurutnya, nantinya harus Peraturan Pemerintah yang bisa membuat pasal-pasal yang ada lebih detail.

Soetrisno juga mengusulkan supaya setiap pembahasan sebaiknya melibatkan asosiasi-asosiasi pengusaha.

"Karena kan yang melaksanakan itu pelaku usaha. Sehingga substansinya pada waktu dibahas, kita minta untuk melibatkan pengusaha," tutupnya.

Sebelumnya pada Selasa (17/9) siang, DPR dan pemerintah telah setuju untuk mengesahkan RUU Sumber Daya Air menjadi Undang-Undang. Pengesahan tersebut dilaksanakan dalam Rapat Paripurna di Gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More