Selasa 17 September 2019, 19:40 WIB

Dapat Meja tanpa Kursi, Siswa SDN Jatimulya 9 Belajar di Lantai

Gana Buana | Megapolitan
Dapat Meja tanpa Kursi, Siswa SDN Jatimulya 9 Belajar di Lantai

ANTARA
Murid belajar di lantai

 

PULUHAN siswa SD Negeri Jatimulya 9, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terpaksa duduk di lantai saat kegiatan belajar mengajar dimulai. Sebab, 120 meja belajar yang diberikan Pemkab Bekasi tidak dikirim bersama kursi.

Wali Kelas VI B SDN Jatimulya 9, Sukaemah, 52, menuturkan kondisi itu telah berlangsung sejak Januari 2018 kemarin. Tiga ruang dari delapan ruang m kelas yang ada di komplek sekolahan tidak diisikan meja dan kursi belajar.

"Sebetulnya, habis ada kegiatan renovasi dan pembangunan gedung sekolah baru dengan dua lantai," ungkap dia, Selasa (17/9).

Dia menjelaskan, pembangunan renovasi dimulai pada Oktober 2017. Pengerjaan tersebut rampung pada akhir 2017.

"Sebetulnya ada sudah dikirim meja pekan lalu, Selasa (10/9) ada sekitar 120 unit tapi kursinya ternyata engga ada," kata dia.

Sementara, meja dan kursi lama sudah dalam keadaan rusak parah. Sehingga, siswa di enam rombongan belajar terpaksa tidak menggunakan kursi dan meja saat pelajaran dimulai.


Baca juga: Terobos Palang Pintu Kereta, Pengemudi Ojek Daring Ditilang


Adapun, siswa yang belajar lesehan tersebut adalah kelas 6 A, 6 B, dan 4 C. Kalau sif siang itu kelas 5 B, 4 A dan 3 D. Jadi ada enam rombel yang terpaksa belajar di lantai.

"Di sini total ada 17 rombe, yang terbagi sif pagi mulai pukul 07.00-11.45 WIB dan sif siang pukul 13.00- 17.45 WIB," jelas dia.

Menurut Sukaemah proses kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif akibat belajar secara lesehan. Sebab, di tengah pelajaran ada saja siswa yang selonjoran atau mengeluh sakit punggung.

"Belum ada informasi lagi kapan mau dikirim kursinya itu. Semoga bisa segera, kasihan anak-anak," kata dia.

Sebelumnya, kondisi serupa terjadi di SDN Pekayon Jaya 3, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Ada sekitar enam ruang kelas tanpa meja dan kursi. Namun pada Senin (16/9) kemarin, Disdik Kota Bekasi langsung mengirimkan semua meja dan kursi itu menggunakan yang bekas sambil menunggu pengadaan yang baru. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More