Selasa 17 September 2019, 19:30 WIB

Pemprov Sumsel Gelar Kembali Salat Istisqa

Dwi Apriani | Nusantara
Pemprov Sumsel Gelar Kembali Salat Istisqa

MI/Dwi Apriani
Warga Sumsel Serentak Salat Istisqa

 

GUBERNUR Sumatra Selatan meminta agar semua masyarakat Sumsel mengikuti salat istisqa. Hal itu akan rencananya akan digelar pada Rabu (18/9) esok. Salat istisqa ini diyakini menjadi upaya yang bisa dilakukan untuk meminta turun hujan kepada Sang Pencipta.

Apalagi sudah lebih dari 30 hari, Sumsel belum turun hujan.

"Segala upaya untuk pemadaman bersama satgas gabungan, water bombing hingga upaya Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) bahkan telah dilakukan untuk atasi karhutla. Namun hingga kini masih ada titik api yang tersebar di sejumlah wilayah Sumsel sepanjang musim kemarau tahun ini," ucapnya.

Baca juga: Jokowi Salat Istisqa sebelum Tinjau Karhutla di Riau

Oleh karenanya, menurut Deru, sebagai manusia hanya bisa bermunajat kepada sang pencipta agar segala usaha yang sudah dilakukan oleh banyak pihak bisa berbuah manis.

"Memang tidak ada potensi awan cikal bakal hujan, inilah kekuatan Tuhan sebagai pencipta. Ternyata manusia tidak bisa melawan kekuatan itu. Maka kita salat istisqa lagi serentak di 17 kabupaten/kota," kata dia.

Ia mengaku pihaknya sudah menginstruksikan jajarannya untuk mengoordinasikan pelaksanaan rencana salat istisqa tersebut sesegera mungkin.

"Rabu kita lakukan salat istisqa di Griya Agung," jelasnya.

Ia mengatakan, persoalan kabut asap ini bukan hanya menjadi keluhan masyarakat namun dirinya sebagai pimpinan daerah. Tetapi, masyarakat harus mengatahui pemerintah bukan kurang upaya memadamkan api.

"Jangankan masyarakat, saya juga terdampak karena asap itu. Setiap hari dipatroli tapi memang alat kita keterbatasan. Oleh karenanya perlu upaya pencegahan itu," tandasnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Banyak ASN Keluyuran Saat Pandemi,Bupati Raja Ampat Marah

👤Martinus Solo 🕔Kamis 04 Juni 2020, 11:57 WIB
Bupati Raja Ampat menegaska agar Satgas Covid-19 memperketat izin bagi warga yang melakukan perjalanan keluar wilayah Raja Ampat...
MI/Djoko Sardjono

1.181 Jamaah Calhaj Klaten Batal Berangkat ke Tanah Suci

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 04 Juni 2020, 11:32 WIB
Keputusan pemerintah pusat yang membatalkan pemberangkatan calhaj tahun ini atau 1441 Hijriah, jamaah yang tertunda berangkat itu otomatis...
MI/Dwi Apriani

Ribuan Ustaz-Ustazah di Muba Terima BLT APBD

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 04 Juni 2020, 11:24 WIB
Bukan hanya membantu masyarakat dan tenaga kesehatan, Pemkab Muba pun mantap dalam mensejahterakan ustaz dan ustazah di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya