Selasa 17 September 2019, 18:35 WIB

Kapolda Kalsel Pimpin Pemadaman Kebakaran Lahan Gambut

Denny Susanto | Nusantara
Kapolda Kalsel Pimpin Pemadaman Kebakaran Lahan Gambut

MI/Denny S
Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani memimpin langsung pemadaman lahan gambut di sekitar Bandara Syamsuddin Noor, Minggu (15/9).

 

KEPALA Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan, Irjen Pol Yazid Fanani, memimpin langsung upaya pemadaman kebakaran areal lahan gambut di sekitar Bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru. Kualitas udara di Kalsel menurun akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menyebabkan kabut asap.

Sejak beberapa waktu terakhir ini, Satgas Karhutla Kalsel fokus memadamkan kebakaran di kawasan sekitar Bandara Syamsuddin Noor yang sebagian besar adalah lahan gambut. Kebakaran di kawasan ini menjadi sumber asap yang menyelimuti kawasan bandara dan telah mengganggu jadwal penerbangan dan transportasi darat.

Minggu (16/9) kemarin, Kapolda memimpin upaya pemadaman kebakaran di areal lahan gambut Kelurahan Guntung Damar Kota Banjarbaru.

"Saat ini tim Satgas Karhutla gabungan fokus pemadaman di areal lahan gambut yang terbakar. Namun pemadaman di daerah lain juga tetap menjadi perhatian kita terutama helikopter water boombing dan satgas darat daerah," tegasnya.

Lebih jauh dikatakan Kapolda, pihaknya masih menyelidiki penyebab maraknya karhutla di wilayah ini. Polda Kalsel sendiri telah menangani sekitar 60 kasus karhutla yang terjadi sejumlah daerah. Ada beberapa kasus melibatkan korporasi khususnya perusahaan perkebunan.


Baca juga: Asap Kebakaran TPA Antang Diduga Picu Kanker


Dalam aksi ini Kapolda bersama Dinas Kehutanan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, dan Korem 101 Antasari berjibaku masuk ke lokasi kebakaran lahan untuk melakukan pemadaman dan pembasahan lahan gambut.

"Saya harap masyarakat sadar untuk tidak melakukan pembakaran lagi dengan tujuan apa pun," tegasnya.

Pantauan Media, tim Satgas Karhutla Kalsel mulai melakukan pengalihan aliran air irigasi Riam Kanan untuk membasahi areal lahan gambut di Kelurahan Guntung Damar Banjarbaru. Luas lahan gambut yang terbakar di wilayah ini hampir 1.000 hektare.

Sementara itu, Kepala BPBD Kalsel, Wahyudin Ujud, mengatakan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengirimkan pesawat CN 2901 dari Pekanbaru Riau untuk melakukan modifikasi cuaca atau hujan buatan di wilayah Kalimantan yang dipusatkan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

"Jika kondisi kemarau semakin parah maka Kalsel juga akan melakukan hujan buatan. Saat ini pesawat hujan buatan CN 2901 sudah dikirim dari Pekanbaru ke Palangkaraya," ungkapnya di Banjarmasin, Selasa (17/9). (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More