Selasa 17 September 2019, 16:07 WIB

Bekasi Minta Bantuan Rp718 Miliar dari Pemprov Jakarta

Gana Buana | Megapolitan
Bekasi Minta Bantuan Rp718 Miliar dari Pemprov Jakarta

MI/Gana Buana
Pengolahan sampah di TPST Bantargebang

 

PEMERINTAH Kota Bekasi, Jawa Barat, kembali mengajukan proposal bantuan keuangan 2020 pada Pemprov DKI Jakarta. Kali ini, nilai proposal yang diminta nilainya mencapai Rp718 miliar.

Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kota Bekasi Eka Hidayat Taufiq menyampaikan, usulan dana kemitraan yang diajukan Pemkot Bekasi pada Pemprov DKI adalah sebesar Rp351,7 miliar dan dana kompensasi bau adalah sebesar Rp367,2 miliar.

"Bedanya, dana kompensasi bau adalah dana yang akan diberikan pada 18 ribu warga sekitar TPST Bantargebang sebagai kompensasi atas kerusakan lingkungan selama ini, diberikan tiap tiga bulan sekali," ungkap Eka, Selasa (17/9).

Eka menjelaskan, adapun total dana kompensasi yang diajukan sebesar Rp367,2 miliar. Dana tersebut terdiri dari dana penanggulangan lingkungan sebesar Rp187,7 miliar, dana pemulihan lingkungan Rp873,2 juta, pelayanan kesehatan masyarakat sekitar Bantargebang Rp50,1 miliar, dana bantuan langsung tunai Rp98,2 miliar, dan dana pelayanan pendidikan Rp30,1 miliar.

Untuk dana kemitraan, lanjut dia, total dana yang diajukan adalah sebesar Rp351,7 miliar. Adapun, beberapa pembangunan yang akan dilakukan menggunakan dana tersebut adalah penataan dan pelebaran simpang Sumir di Jalan Raya Hankam (perbatasan Bekasi-DKI Jakarta) sebesar Rp20 miliar, penataan simpang Pondok Kopi (perbatasan Bekasi-DKI Jakarta) sebesar Rp620 juta.

"Ada 21 item usulan rencana pengerjaan yang diajukan," kata Eka.

Baca juga: DPRD Sambut Positif Keringanan Pajak DKI

Saat ini, kata dia, 21 rencana tersebut merupakan usulan yang sudah diverifikasi oleh tim Pemprov DKI Jakarta. Kepastiannya tentu saat nominal bantuan sudah ditetapkan dalam APBD DKI 2020.

"Bisa berkurang bisa juga bertambah. Saat ini prosesnya masih dalam tahap verifikasi lapangan," lanjut dia.

Seperti yang diketahui, Pemprov DKI Jakarta memberikan dana bantuan keuangan pada Pemkot Bekasi pada 2019 sebesar Rp750 miliar. Dalam KUA-PPAS APBD DKI Jakarta 2020 tercatat bahwa dana bantuan keuangan yang akan diberikan pada Kota Bekasi adalah sebesar Rp406 miliar.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menambahkan, usulan dana kemitraan tersebut usulan bantuan dana tersebut sudah diberikan beberapa waktu lalu. Menurut dia, bantuan anggaran dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lebih besar dibandingkan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Dari Pemprov Jabar hanya memberi sekitar Rp66 miliar dalam rentang waktu tiga tahun 2016-2019. Sedangkan tahun ini DKI Jakarta memberi sekitar Rp750 miliar, hanya periode 2019," tandas dia. (X-15)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More