Selasa 17 September 2019, 15:50 WIB

Harhubnas, Momentum Kemenhub Tingkatkan Pelayanan

Atikah Ishmah Winahyu | Ekonomi
Harhubnas, Momentum Kemenhub Tingkatkan Pelayanan

MI/Arya Manggala
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

 

KEMENTERIAN Perhubungan memperingati Hari Perhubungan Nasional (HARHUBNAS) dengan menggelar upacara pada Selasa (17/9). Dalam sambutannya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan peringatan Harhubnas menjadi momentum untuk meningkatkan pelayanan dan meneguhkan komitmen meningkatkan konektivitas antarwilayah di Indonesia melalui transportasi.

“Peringatan Harhubnas dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan kembali kinerja kita dan berbagai peristiwa yang terjadi di sektor Perhubungan serta menyatukan persepsi dan tekad kita untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Seluruh elemen Kementerian Perhubungan dan seluruh stakeholder bersama-sama secara nyata membangun konektibilitas yang sinergi guna mewujudkan transportasi yang berkeselamatan bagi seluruh masyarakat pengguna transportasi di seluruh Indonesia,” ujar Menhub Budi dalam pernyataan resmi, Selasa (17/9).

Lebih lanjut, Menhub Budi menjelaskan sektor perhubungan memilki peranan yang sangat penting dan strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernergara. Sebab, transportasi kini menjadi urat nadi dalam kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

“Karena peranannya yang teramat strategis, maka segenap sumber daya manusia (SDM) Perhubungan dituntut memperkuat kembali komitmen dan dedikasi untuk bekerja keras yang nyata di sektor transportasi, karena hal ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa, dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Baca juga: Indonesia Harus Bangun Transportasi Logistik yang Terintegrasi

Sebagai informasi, rangkaian peringatan Harhubnas telah dilakukan sejak 13 September 2019. Sejumlah kegiatan pun digelar dalam peringatan Harbubnas dimulai dari Perhubungan Mengajar di 34 Provinsi di Indonesia, donor darah, bakti sosial, pameran, seminar dan ditutup dengan pelantikan taruna.

“Upacara ini adalah rangkaian sejak hari Jumat kemarin. Kita telah mengadakan pameran, seminar dan memberikan penghargaan, untuk besok akan ada pelantikan taruna," imbuhnya.

Pada upacara Harhubnas, Menhub Budi menggunakan pakaian adat Bali sebagai simbol keberagaman di Indonesia dan menjadi cerminan tugas Kementerian Perhubungan tidak hanya di Jakarta melainkan hingga ke pelosok negeri.

“Saya juga sengaja menggunakan adat Bali, karena kami memiliki tugas untuk memajukan pariwisata. Ada 5 Bali lagi yang harus dimajukan yaitu Mandalika, Labuan Bajo, Manado, Borobudur dan Danau Toba oleh karenanya hari ini kita pakai untuk mengingatkan agar kami lebih bersemangat,” tandasnya.

Sebagai informasi, upacara ini diikuti oleh Eselon I, II, III dan IV di lingkungan Kementerian Perhubungan, ASN Kementerian Perhubungan, BUMN sektor transportasi, Basarnas, BMKG, taruna dari STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat), STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia) dan STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran).(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More