Selasa 17 September 2019, 14:30 WIB

Pedagang Pasar Citatah Berharap Bantuan

Depi Gunawan | Nusantara
Pedagang Pasar Citatah Berharap Bantuan

MI/Depi Gunawan
Pedagang yang jadi korban kebakaran di Jalan Raya Citatah, Bandung Barat menatap kios mereka yang habis dimakan api.

 

PARA pedagang korban kebakaran di Jalan Raya Citatah, Kampung Tagogmunding, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat pasrah tempat usahanya ludes tak tersisa. Peristiwa kebakaran pada Senin (16/9) malam tersebut menghanguskan sembilan bangunan kios di pinggir jalan. Meski tidak ada korban jiwa, kerugian yang dialami pedagang ditaksir mencapai Rp2 miliar.

Seorang pedagang, Siti Aisyah ,44, mengaku selain barang dagangan, uang tunai sebesar Rp10 juta yang rencananya akan dibayarkan ke bank juga ikut terbakar.

"Pokoknya enggak ada yang terselamatkan, semuanya ikut terbakar. Termasuk uang setoran ke bank dan untuk belanja barang dagangan," kata Siti yang sudah berdagang selama 10 tahun, Selasa (17/9).

Siti mengharapkan ada bantuan dari pemda agar roda perekonomiannya bisa hidup kembali. Untuk sementara ini, warga asli Cianjur ini memilih untuk menenangkan diri di rumahnya.

"Tadi malam, anak buah saya yang ngabarin kebakaran. Kalau total kerugian diperkirakan sampai Rp100 jutaan. Untuk sementara saya berhenti jualan, soalnya modalnya habis," tuturnya.

Ade Jalaludin ,58, pedagang oleh-oleh juga bernasib sama. Bahkan ia menyebut total kerugian akibat kebakaran mencapai Rp300 juta.

"Selain oleh-oleh makanan, dagangan perabotan seperti kursi dan lemari hancur semua akibat kebakaran. Kalau dihitung, kerugian bisa sampai Rp100 juta, belum ditambah dengan bangunan yang sudah rata dengan tanah," ujarnya.

Kabid Pemadam Kebakaran Bandung Barat, Nanan Sunandar menerangkan, kebakaran melanda sembilan kios yang sekaligus dijadikan tempat tinggal para pedagang. Dalam peristiwa ini, pihaknya mengerahkan dua unit mobil pancar, dua unit water suplay, satu unit mobil rescue dan 1 ambulance dari relawan. Kobaran api berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.00 WIB.

baca juga: Ratusan Warga Demo, Penambangan Pasir Ilegal Dihentikan

"Untuk korban jiwa tidak ada, tetapi kami sempat kesulitan mencari sumber air dan kendala lalu lintas yang cukup padat. Kami masih dalami penyebab kebakaran tadi malam," jelasnya. (OL-3)

 

Baca Juga

ANTARA

Timnas U-16 Berharap Bisa Segera Uji Coba Internasional

👤Widhoroso 🕔Rabu 08 Juli 2020, 02:10 WIB
Tiga lawan kuat menanti timnas Indonesia U-16 di babak penyisihan Piala Asia U-16. Marcell Januar Putra dan kawan-kawan menempati Grup D...
ANTARA

GTPP Covid-19 Bali telah Lakukan 161 Ribu Tes Cepat

👤Arnoldus Dhae 🕔Rabu 08 Juli 2020, 01:55 WIB
Rapid test dilaksanakan khususnya menyasar klaster-klaster penyebaran Covid-19 seperti pasar tradisional, desa dan...
DOK MI

Tes Swab Massal, Pemkab Banyumas Sasar Pedagang Pasar

👤Lilik Darmawan 🕔Rabu 08 Juli 2020, 01:45 WIB
Diyakini sampai sekarang masih banyak warga yang menjdi orang tanpa gejala (OTG). Karena itulah, salah satu upaya untuk mengetahui...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya