Selasa 17 September 2019, 16:00 WIB

Indonesia-Bulgaria Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan

Andhika Prasetyo | Internasional
Indonesia-Bulgaria Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan

Dok Kadin
Ketua Komite Tetap Eropa Kadin Indonesia Tony Wenas dan Presiden BCCI Tsvetan Simeonov menandatangani nota kesepahaman.

 

KAMAR Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menandatangani nota kesepahaman dengan Bulgarian Chamber of Commerce and Industry (BCCI) atau Kadin Bulgaria untuk mendongkrak kinerja perdagangan di masa mendatang.

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani Ketua Komite Tetap Eropa Kadin Indonesia Tony Wenas dan Presiden BCCI Tsvetan Simeonov dan disaksikan oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Ekonomi Bulgaria Emil Karanikolov.

Dengan penandatanganan itu, kedua negara sepakat membuka akses pasar yang lebih besar. Indonesia bahkan bisa menjadikan Bulgaria sebagai hub untuk negara-negara Balkan dan Eropa Timur.

Ketua Komite Bilateral Kadin untuk negara-negara Eropa Timur Alexander Yahya Datuk mengungkapkan kerja sama dengan Bulgaria adalah peluang yang sangat menjanjikan.

Baca juga: Perluas Pasar ke Eropa Timur, Menlu RI Kunjungi Bulgaria

Pasalnya, selama ini, Indonesia lebih fokus menggandeng negara-negara Eropa Barat.

"Padahal negara seperti Bulgaria juga memiliki potensi yang sama besarnya untuk digarap sebagai pasar ekspor," ujar Alexander melalui keterangan resmi, Selasa (17/9).

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, pada 2018, total perdagangan kedua negara mencapai US$497 juta dengan komposisi ekspor sebesar US$438 juta dan impor US$ 68 juta.

Artinya, Indonesia menikmati surplus sebesar US$370 juta.

Angka perdagangan 2018 juga tumbuh sangat signifikan dibandingkan capaian 2017 yang kala itu hanya mencapai US$115 juta.

“Dari peningkatan tahun lalu, kami melihat pelaku usaha Indonesia sudah sangat siap untuk meningkatkan perdagangan dengan Bulgaria. Bahkan, kami membuka peluang berinvestasi ke sana sehingga terjalin hubungan erat dan bersifat dua arah," ucapnya.

Selain dengan Bulgaria, Kadin Indonesia juga akan melakukan misi bisnis dengan negara-negara lain dengan tujuan yang sama yakni meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi.

Sampai pekan pertama Oktober mendatang, Kadin Indonesia akan bertandang ke Turki, Yunani, Serbia, Rumania dan berlanjut ke negara-negara Eropa Barat yakni Belanda, Slovakia, Polandia, Swiss, Jerman, Italia, Inggris, Belgia serta Prancis. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More