Selasa 17 September 2019, 12:05 WIB

Jokowi : Pemerintah telah Lakukan Berbagai Cara Padamkan Karhutla

Nur Aivanni | Humaniora
Jokowi : Pemerintah telah Lakukan Berbagai Cara Padamkan Karhutla

Antara/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo meninjau penanganan kebakaran lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau, Selasa (17/9).

 

PRESIDEN Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah telah mengerahkan segala upaya untuk menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Provinsi Riau.

Pagi ini (17/9), mantan Gubernur DKI jakarta itu bersama dengan segenap elemen terkait akan meninjau langsung sejumlah titik untuk memastikan penanganan maksimal berjalan sebagaimana mestinya.

"Segala usaha sudah dilakukan. Yang di darat (pemadaman) sudah semuanya, tambahan pasukan kemarin sudah saya perintahkan juga. Kemarin datang totalnya 5.600 (pasukan)," kata Jokowi melalui keterangan resminya di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Selasa (17/9).

Selain itu, kata Jokowi, pihaknya juga terus melakukan water bombing di lokasi karhutla. Setidaknya, sebanyak 52 pesawat dikerahkan untuk melakukan pemadaman tersebut.

Sebelum bertolak menuju lokasi pertama yang akan ditinjau Presiden dan rombongan sempat meninjau kesiapan operasional pesawat penyemai yang hari ini akan membuat hujan buatan di sekitar lokasi kebakaran.

"Ini mau berangkat (pesawat penyemai) hujan buatan. Hari Jumat lalu juga sudah kita perintahkan, sudah diterbangkan dan alhamdulillah saat itu di Indragiri Hilir juga hujan turun. Ini sekarang kita lakukan lagi menabur garam," kata Jokowi.

Meski upaya maksimal telah dilakukan untuk memadamkan api yang terlanjur membesar dan meluas, mantan Wali Kota Solo itu kembali menegaskan bahwa langkah terbaik adalah dengan melakukan pencegahan agar titik api tidak semakin membesar.

"Segala upaya kita lakukan. Tetapi memang yang paling benar itu adalah pencegahan sebelum kejadian. Ini api satu (terdeteksi) langsung padamkan, satu padam. Itu yang benar," tuturnya.

Lebih lanjut, Jokowi sekaligus mengimbau seluruh pihak untuk tidak melakukan pembakaran lahan gambut maupun hutan yang dapat menyebabkan bencana kebakaran hutan dan lahan semakin meluas.

Terkait itu, Jokowi juga telah menginstruksikan diambilnya tindakan tegas bagi para pelaku pembakaran baik dari kalangan korporasi maupun individu.

"Upaya hukum sudah kita lakukan. Baik yang perorangan baik korporasi semuanya sudah ada tindakan tegas ke sana," tandasnya. (OL-09)

Baca Juga

Antara/Akbar Nugroho Guma

Tetap Produktif Meski di Rumah

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 31 Mei 2020, 14:20 WIB
Penggiat media sosial Taqy Malik berbagi pengalaman saat harus di rumah di tengah pandemi virus covid-19 yang sedang...
MI/Ramdani

Tiga Jurus NRC Perkuat Media Group News 

👤Ade Alawi 🕔Minggu 31 Mei 2020, 13:55 WIB
News Research Center (NRC) diharapkan memainkan perannya tidak hanya menyuplai data riset melainkan sebagai think thank (tangka...
(Dokumen Pribadi/Antara)

Dirut TVRI akan Nonaktifkan Akun Sosmed agar Bisa Fokus Bekerja

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 13:52 WIB
Iman mengaku prihatin atas tuduhan segelintir orang termasuk salah satunya mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo yang turut...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya