Selasa 17 September 2019, 11:52 WIB

Wiranto: Pemda Harus Mandiri Tangani Kebakaran Hutan dan Lahan

Golda Eksa | Humaniora
Wiranto: Pemda Harus Mandiri Tangani Kebakaran Hutan dan Lahan

Antara/M Risyal Hidayat
Menko Polhukam, Wiranto.

 

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengingatkan pemerintah daerah agar mandiri dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), permasalahan yang terjadi setiap tahunnya.

Selain itu, sambung dia, persoalan karhutla seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah mulai tingkat kepala desa, camat, bupati/wali kota hingga gubernur. Wiranto menekankan bahwa pemerintah pusat berlaku sebagai koordinator.

"Ini tanggung jawab daerah. Jangan terus bergantung pada pusat. Harus betul-betul tahu masalah ini dan tahu harus berbuat apa," ujar Wiranto melalui keterangan tertulis, Selasa (17/9).

Wiranto masih berada di Riau untuk mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau lokasi kebakaran hutan dan laham. Ia pun optimistis siaga darurat dengan operasi pemadaman via darat dan udara yang dilakukan bersama-sama akan mampu mengatasi karhutla dengan baik.

"Sehingga permasalahan serupa bisa dihindari ke depannya. Kalau semuanya dilakukan dengan rapi, maka titik api dapat diketahui sejak dini dan dipadamkan segera," kata Wiranto.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo juga telah menekankan upaya pencegahan dalam mengatasi permasalahan serupa yang masih muncul hingga saat ini. "Karena mencegah lebih baik daripada memadamkan. Itu intinya," pungkasnya. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More