Selasa 17 September 2019, 11:46 WIB

Iran Tuding Saudi Mencari Perang untuk Menutupi Masalah Internal

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Iran Tuding Saudi Mencari Perang untuk Menutupi Masalah Internal

AFP
Duta Besar Iran untuk PBB di Wina, Austria, Kazem Gharibabadi.

 

IRAN mengkritik Arab Saudi karena berusaha menutupi kegagalan internalnya melalui perang dan memicu ketegangan. Teheran juga menolak klaim mereka berada di balik serangan terhadap fasilitas minyak Riyadh.

"Sangat disesalkan Arab Saudi menggunakan perang dan ketegangan untuk menutupi masalah atau kegagalan internalnya," ujar Duta Besar Iran untuk PBB di Wina, Austria, Kazem Gharibabadi, Senin (16/9), seperti dilansir kantor berita resmi pemerintah, IRNA.

"Rezim Saudi dan sekutunya telah dengan jelas menunjukkan mereka akan melakukan apa pun yang mereka bisa, termasuk membom anak-anak, upacara pernikahan, ... di Yaman untuk mencapai tujuan ilegal mereka," tambahnya.

Sebelumnya, AS menuduh Iran menyerang fasilitas minyak utama Saudi pada Sabtu (14/9) lalu.

"Perwakilan AS sekarang telah beralih ke pendekatan tidak masuk akal dan konyol tentang tipu daya maksimum setelah kegagalan yang disebut tekanan maksimum," kata Gharibabadi, mencatat AS terlibat dalam perang di Yaman.

Pejabat Iran juga mengkritik upaya rahasia Saudi untuk mendirikan pabrik nuklir, mengatakan upaya untuk memotong jalur air bersama dengan perbatasan Qatar akan digunakan untuk membuang limbah nuklir.

Gharibabadi menyerukan Badan Energi Atom Interantional (IAEA) untuk meminta beberapa negara agar tidak menyediakan teknologi listrik nuklir ke Saudi kecuali jika negara tersebut bergabung dengan Safeguards Agreement dan memberikan akses penuh IAEA ke fasilitas-fasilitas mereka. (IRNA/Hym/OL-09)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More