Selasa 17 September 2019, 09:55 WIB

Polisi Buru Pembakar, 23 Ditangkap

Tim/N-2 | Nusantara
Polisi Buru Pembakar, 23 Ditangkap

MI/Dwi Apriani
Ilustrasi -- Penanganan Kebakaran Hutan

 

POLISI tidak membiarkan para pembakar lahan dan hutan bebas melenggang. Dari hasil penelusuran Polda Sumatra Selatan dan jajarannya, misalnya, mereka berhasil meringkus 23 pelaku pembakaran.

"Mereka ditangkap di 17 lokasi. Sampai saat ini, pelaku masih tercatat sebagai warga dan petani yang sengaja membakar untuk membuka area perkebunan," aku Kabid Humas Polda Sumatra Selatan Komisaris Besar Supriadi, kemarin.

Di daerah itu, penanganan kebakaran juga dilakukan dengan sangat serius. Selain sumber daya, pemerintah provinsi juga mengalokasikan dana besar untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

"Kami juga melarang bupati, wali kota, camat, dan kepala desa meninggalkan tempat tugas selama kebakaran terjadi," tambah Gubernur Herman Deru.

Di Jambi, Kepala Staf Kodam II Sriwijaya Brigjen Syafrial menyatakan penanganan kebakaran hutan dan lahan perlu peran bersama, baik pemerintah, masyarakat, maupun pemangku kepentingan terkait. Kemarin, bersama Kapolda Jambi Inspektur Jenderal Muchlis AS, ia melihat langsung kondisi kebakaran hutan di wilayah itu dari udara.

"Kita harus bergerak cepat dan bersama. Kebakaran sudah sangat merugikan masyarakat, dari sisi ekonomi maupun kesehatan," tandasnya.

Berbeda dengan di Sumatra Selatan. Sejumlah pemimpin di Riau justru memilih ke luar negeri. Setelah Gubernur Syamsuar pergi ke Thailand, Wali Kota Pekanbaru Firdaus juga ikut-ikutan terbang ke Toronto, Kanada. "Sudah ada izin dari pemerintah pusat," kata juru bicara Pemkot Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman.

Guna membantu warga, Pemprov Riau mulai membuka posko dan rumah singgah bagi warga yang terdampak asap. Seluruh puskesmas di Riau juga diwajibkan beroperasi selama 24 jam dengan menyediakan tabung oksigen.

"Ada sebanyak 14 posko dan rumah singgah dampak asap yang bisa digunakan masyarakat Riau," jelas Pj Sekda Ahmad Syah Harrofie.

Sulitnya pemadaman di area gambut membuat Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan Kalimantan Selatan akan melakukan penenggalaman area gambut.

"Kami akan menutup aliran irigasi Riam Kanan dan meng-alihkan ke lokasi gambut yang terbakar," ujar Kepala BPBD Wahyudin Ujud. (Tim/N-2)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

1.181 Jamaah Calhaj Klaten Batal Berangkat ke Tanah Suci

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 04 Juni 2020, 11:32 WIB
Keputusan pemerintah pusat yang membatalkan pemberangkatan calhaj tahun ini atau 1441 Hijriah, jamaah yang tertunda berangkat itu otomatis...
MI/Dwi Apriani

Ribuan Ustaz-Ustazah di Muba Terima BLT APBD

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 04 Juni 2020, 11:24 WIB
Bukan hanya membantu masyarakat dan tenaga kesehatan, Pemkab Muba pun mantap dalam mensejahterakan ustaz dan ustazah di...
MI/Ramdani

518 Pekerja di Cirebon Dapat Bansos

👤Nurul Hidayah 🕔Kamis 04 Juni 2020, 11:19 WIB
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya menjelaskan hingga Mei 2020, sebanyak 518 mendapat bantuan sembako. Bansos akan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya