Senin 16 September 2019, 22:09 WIB

Nurul Ghufron: Kami Akan Lanjutkan Kerja Positif KPK

M. Ilham Ramadhan Avisena | Politik dan Hukum
Nurul Ghufron: Kami Akan Lanjutkan Kerja Positif KPK

MI/M. Irfan
Pimpinan KPK terpilih Nurul Ghufron

 

KOMISIONER Komisi Pembarantasan Korupsi (KPK) terpilih periode 2019-2023, Nurul Ghufron mengatakan, dirinya akan melanjutjan kerja positif yang telah dibangun oleh lima pimpinan KPK sebelumnya.

Ia juga akan mengoptimalkan aspek pencegahan korupsi selama 4 tahun ke depan. "Kami akan fokus pada pencegahan, penindakan akan kami pertahankan seperti saat ini," kata Ghufron saat ditemui di gedung Metro TV, Senin (16/9).

Ia mengibaratkan, kerja KPK adalah menjaga gentong air yang dianalogikan olehnya sebagai keuangan negara. Menurutnya, gentong itu dapat bocor karena dua hal, pertama karena digerogoti oleh tikus, kedua karena pengelolaan air yang tidak optimal.

Untuk itu, ia dan empat pimpinan terpilih lainnya akan semaksimal mungkin menjaga agar air di dalam gentong itu tidak lagi bocor.

"Bisa jadi bocor karena kerannya yang berlebih dan tidak mampu dikelola. Bahasa umumnya, tidak rapat, kemudian menetes, itu yang perlu diperbaiki. Kalau pencegahan sudah ketat tapi masih ada tikus yang menggerogoti, ya itu yang harus ditindak" jelasnya.

Baca juga : Alex Marwata Setuju Keberadaan Dewan Pengawas

Menyoal berbagai penolakkan yang muncul dari berbagai lini, Dekan Fakultas Hukum Universitas Negeri Jember itu mengatakan, kritik yang terlontar merupakan masukan untuk memperbaiki sebuah lembaga dalam negara demokrasi.

"Saya pandang sebagai hal yang menyehatkan dalam demokrasi, itu menyehatkan sebuah lembaga," tuturnya.

Sebab, menurutnya, jikalau sebuah lembaga hanya menerima puji-pujian, justru akan membuat lembaga itu terlena dan enggan menginstropeksi diri.

Pun demikian dengan penolakkan oleh pegawai KPK sendiri. Ghufron mengatakan akan berkomunikasi dengan para pegawai terkait isu penolakan dari dalam tubuh KPK.

"Kami akan mendegar mereka terlebih dulu tentang keluhannya tentang apa. Kami akan mendengar prestasi mereka yang berhasil membawa KPK sampai bisa dipercaya publik, itu karena prestasi mereka. Maka kami akan dengar apa kerisauan meraka dengan kehadiran kami," tukasnya.

Lima pimpinan baru KPK juga telah merencanakan pertemuan dengan Agus Rahardjo dan kawan-kawan dalam waktu dekat. Pertemuan itu direncanakan membahas soal pencapaian kerja KPK saat ini.

"Ya, kami berlima (pimpinan baru) sudah ada grup WA untuk membicarakan hal teknis. Tapi mungkin kami akan bertemu dengan pimpinan saat ini di waktu dekat, tidak sekarang ini, karena kami tidak mau mengganggu kerja mereka," tandas Ghufron. (OL-7)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More