Senin 16 September 2019, 21:53 WIB

Tundukkan Filipina, Garuda Muda Diminta Tetap Membumi

Rahmatul fajri | Sepak Bola
Tundukkan Filipina, Garuda Muda Diminta Tetap Membumi

Antara/Galih Pradipta
Momen pertandingan timna sU-16 melawan Filipina di Kualifikasi Piala Asia U-16

 

TIM Nasional sepak bola Indonesia U-16 berhasil mengalahkan Filipina dengan skor telak 4-0 pada laga perdana babak kualifikasi Piala Asia U-16 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Senin (16/9).

Gol Indonesia dicetak oleh penyerang Ahmad Athallah Araihan pada menit ke-37. Indonesia mampu memperlebar keunggulan pada babak kedua melalui gol Marselino Ferdinan menit 46. Tendangannya ke sisi kiri gawnag tal mampu dijangkau kiper Adrian De Sola.

Alfin Farhan Lestaluhu kemudian menambah keunggulan pada menit 52 melalui tembakan kerasnya dari sudut sempit. Wahyu Agung Drajat menambah keunggulan Garuda Muda menjadi 4-0 pada menit 77 setelah memanfaatkan kemelut di dalam kotak penalti Filipina. Gol ini sekaligus memastikan timnas Indonesia meraup tiga poin.

Pelatih timnas U-16 Bima Sakti mengungkapkan anak asuhnya sempat grogi pada pertandingan kali ini, terlebih ditonton 3.000 penonton yang memadati Stadion Madya.

Ia mengatakan ini adalah pengalaman pertama bagi Alfin Farhan dkk ditonton ribuan masyarakat Indonesia.

Baca juga : Tekad Membara Skuad Garuda Muda

"Ini adalah pertandingan pertama ditonton sebanyak ini, sebelumnya hanya seratus, dua ratus, apalagi di Qatar tidak ada penonton. Pemain sedikit tegang pada babak pertama. Banyak peluang, tapi belum berbuah gol," kata Bima, usai pertandingan.

Ke depannya, Bima meminta anak asuhnya tidak berpuas diri atas kemenangan ini. Ia juga mengingatkan Ahmad Athallah, dkk jangan haus pujian. Perjalanan masih panjang menuju putaran final Piala Asia U-16.

"Kita sama membina adik-adik ini. Jangan terlalu dipuji, karena pujian itu racun. Saya bilang ke anak-anak, kita blm apa-apa, masih ada tugas berat. Setiap pertandingan harus fokus dan banyak mencetak gol," kata Bima.

Sementara itu, Pelatih Filipina Roxy Dorlas mengakui keunggulan Garuda Muda pada pertandingan kali ini. Ia mengaku telah menyiapkan tim sebaik mungkin dengan waktu persiapan yang mepet dengan babak kualifikasi.

Baca juga : Kalahkan PSIS Semarang, Puasa Kemenangan Persija Berakhir

"Tentunya kami kecewa dengan hasil ini. Indonesia tim yang tangguh. Saya juga tidak punya persiapan yang banyak, tim berkumpul pada Juni lalu dan persiapan singkat. Jika persiapan panjang, mungkin stamina pemain akan lebih fit dan bisa konsisten hingga babak kedua," kata Roxy Dorlas usai pertandingan.

Selanjutnya, Indonesia akan berhadapan dengan Kepulauan Mariana Utara pada Rabu (18/9). Kemudian, melawan Brunei Jumat (20/9). Terakhir, akan melawan Tiongkok pada Minggu (22/9).

Indonesia harus menyapu bersih laga kualifikasi, lantaran hanya ada 16 tim yang berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020, artinya hanya juara grup kualifikasi yang otomatis melaju dilengkapi empat runner-up terbaik.

Piala Asia U-16 2020 rencananya bakal dihelat di Singapura pada 16 September-3 Oktober 2020. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More