Selasa 17 September 2019, 04:50 WIB

REI Nobatkan Denpasar Jadi Kota Termakmur

(Dro/S-5) | Ekonomi
REI Nobatkan Denpasar Jadi Kota Termakmur

rutasuryana
Pemkot Denpasar menerima penghargaan 'Indonesias Most ProsperousCity: Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara (nomor dua dari kiri)

 

DEWAN Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (DPP REI) menobatkan Denpasar sebagai kota termakmur se-Indonesia, disusul Batam, Balikpapan, Tangerang Selatan, dan Manado. Hal itu berdasarkan penelitian Indonesia City Prosperity Index (CPI) 2019 yang dilakukan REI terhadap 21 kota dari seluruh Indonesia.

Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata mengungkapkan, CPI atau indeks kemakmuran kota merupakan metode yang dikembangkan UN-Habitat untuk memonitor implementasi sustainable development goals (SDGs) dan new urban agenda.

Dalam penelitian CPI itu, terdapat enam indikator utama yang diukur. Keenam indikator itu, yakni produktivitas, pembangunan infrastruktur, kesetaraan dan inklusivitas sosial, kualitas hidup, keberlanjutan lingkungan dan legislasi, serta postur kelembagaan kota.

Dengan data CPI itu, nantinya pihak REI memberikan masukan kepada pemerintah daerah terkait dengan sektor apa saja yang harus dibenahi agar dapat meningkatkan kesejahteraan di wilayah mereka. "Kami juga berharap CPI ini bisa jadi landasan pijakan kota-kota di Indonesia untuk berkompetisi secara positif mencapai level tertinggi agar bisa setara dengan kota-kota di negara lain," pungkas Soelaeman. (Dro/S-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More