Minggu 15 September 2019, 22:58 WIB

Kalahkan Argentina, Spanyol Juara Dunia Bola Basket

Ghani Nurcahyadi | Olahraga
Kalahkan Argentina, Spanyol Juara Dunia Bola Basket

AFP/Wang Zaho
Tim basket Spanyol merayakan kemenangan di Piala Dunia Basket

TIM basket Spanyol yang dimotori Marc Gasol dan Ricky Rubio sukses meraih gelar keduanya sebagai juara dunia bola basket usai mengalahkan Argentina 95-75 di Final Kejuaraan Dunia Bola Basket di LeSport Center, Beijing, Tiongkok, Minggu (15/9),

Kemenangan itu pun menjadi momen spesial bagi Gasol karena sekitar 3 bulan sebelumnya, Center 34 tahun itu sukses membantu klubnya Toronto Raptors menjuarai NBA. Di final Piala Dunia Basket, Gasol mencetak 14 poin, 7 rebound, dan 7 asis.

"Saya sangat beruntung bsia berada dalam posisi ini, bermain dan membantu rekan-rekan. Semua yang dikorbankan, terbayar sudah. Ini tahun yang menakjubkan," kata Gasol yang bersama saudaranya Pau Gasol ikut membawa Spanyol juara dunia pada 2006.

Spanyol yang harus melewati 2 babak perpanjangan waktu (overtime) saat berjumpa Australia di semifinal, bermain trengginas sejak awal laga di final. Anak asuh Sergio Scariolo itu tak sekalipun tertinggal dari Argentina dalam perolehan poin.

Baca juga : Tuan Rumah Piala Dunia Basket, RI Terima Bendera FIBA di Tiongkok

Di samping penyerangan yang tertata rapi, barisan pertahanan Spanyol juga sukses menghalau serangan Argentina. Kemampuan menahan bintang Argentina, Luis Scola menjadi kunci keberhasilan Spanyol menahan perolehan pon Argentina.

"DI Barisan pertahanan, kami membaik dari pertandingan sebelumnya, baik itu konsentrasi, determinasi, dan konsistensi," imbuh Gasol.

Meski kalah, pelatih Argentina Sergio Hernandez mengaku tetap bangga dengan permainan anak asuhnya. Ia menegaskan, di final kali ini, tim yang lebih baik dari Argentina yang menang.

"Kami memenangkan medali perak, bukan kehilangan medali emas," ujar Hernandez.

Sementara itu, di perebutan tempat ketiga, Australia harus mengakui keunggulan Prancis 67-59. Guard berdarah Turki, Nando de Colo memimpin perolehan poin Prancis dengan mencetak 19 poin di pertandingan tersebut. (AFP/OL-7)

Baca Juga

liverpoolfc.com

Atlet Inggris Telah Diizinkan Latihan Kontak

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 25 Mei 2020, 07:30 WIB
Meski tetap menegaskan keharusan mempertahakan kondisi medis terkendali, petunjuk teranyar itu mengizinkan para atlet berlatih...
AFP/William WEST

Russell Juara GP Monako Virtual

👤Antara 🕔Senin 25 Mei 2020, 05:09 WIB
Itu merupakan kemenangan beruntun bagi Russell setelah sebelumnya pembalap Inggris itu menjuarai seri virtual di Catalunya, dua pekan...
AFP

NBA Berencana Lanjutkan Kompetisi di Resor Milik Disney

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 24 Mei 2020, 14:50 WIB
Resor seluas 220 hektare dengan tiga arena, diharapkan bisa menopang kembali bergulirnya kompetisi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya