Minggu 15 September 2019, 15:28 WIB

Mahfud MD: Jangan "Underestimate" Pimpinan KPK Terpilih

Ardi Teristi Hardi | Politik dan Hukum
Mahfud MD: Jangan "Underestimate" Pimpinan KPK Terpilih

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/ama.
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD

 

KOMISI III DPR RI telah memilih lima nama Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru. Kelima orang tersebut yakni, Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli, Nawawi Pomolango, dan Nurul Ghufron bakal bertugas memimpin KPK periode 2019-2023.

Mantan Ketua Hakim Konstitusi, Mahfud MD, meminta semua pihak tidak memandang rendah kelima pimpinan KPK yang terpilih tersebut.

"Saudara jangan underestimate dulu" kata Mahfud kepada wartawan di Yogyakarta, Minggu (15/9).

Baca juga: Pimpinan DPD Harus Redam Konflik Internal

Lanjut Mahfud, pimpinan KPK yang saat ini dipimpin Agus Rahardjo pun ketika dipilih juga dinilai buruk pada awalnya. Bahkan, saat itu ada yang berkomentar KPK akan hancur di bawah kepemimpinan Agus Rahardjo. Namun, sambung Mahfud, ternyata komisioner KPK periode 2015-2019 menunjukkan kerja yang bagus, sekurang-kurangnya tidak mengecewakan.

Menurut Mahfud, yang mendorong bagus atau tidak bagus pimpinan KPK adalah lingkungannya. Kalau masyarakat mendorong berbuat bagus, sambung dia, pimpinan KPK akan bagus.

"Saya tidak ikut milih, saudara tidak ikut milih. Kalau ikut milih, mungkin tidak milih mereka. Tapi, yang  berewenang memilih, memilih mereka. Cara hidup bernegara tidak boleh nyempal karena tidak cocok dengan kita, yang bisa dilakukan adalah memperbaiki yang kurang baik," paparnya.

Baca juga:KPK Jangan Kekanak-kanakan

Dalam kesempatan tersebut, Mahfud mengaku tidak mengenal satu per satu pimpinan KPK yang terpilih. Ia hanya mengaku pernah mengenal Firly dan bertemu dengannya ketika di Bandara.  "Kesan saya baik. Saya tidak tahu banyak," kata Mahfud.

Menurut dia, cara bergaul Firly cukup baik dan sopan. Senada dengan Firly, Nurul Ghufron juga mendapat penilaian positif di mata Mahfud. Ghufron diketahui merupakan seorang akademisi dan memiliki pengalaman politik karena pernah sama-sama di Baleg ketika Mahfud menjadi anggota DPR RI. (OL-6)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More