Minggu 15 September 2019, 15:10 WIB

Akibat Asap Karhutla, Penerbangan ke Sampit Terganggu

Atalya Puspa | Humaniora
Akibat Asap Karhutla, Penerbangan ke Sampit Terganggu

MI/Arya Manggala
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

 

ASAP tebal yang ditimbulkan dari kebakaran lahan dan hutan di sejumlah wilayah Indonesia masih belum bisa teratasi saat ini. Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menyebut saat ini wilayah yang perlu diwaspadai akibat adanya kabut asap yakni sejumlah wilayah di Kalimantan.

"Asap kita lihat Riau sudah lebih membaik, yang agak parah itu sekarang Sampit juga Pontianak," kata Budi di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (15/9).

Baca juga: Ini Daftar Penerbangan yang Terdampak Akibat Kabut Asap

Dirinya menyatakan, asap tersebut berdampak pada penerbangan yang akhirnya harus ditunda dan dibatalkan karena tidak memungkinkannya jarak pandang.

"Sampit itu delay ya lumayan. Ada yang cancel ada delay. Kalau Pekanbaru cuma pagi saja delay-nya tapi sudah membaik dari hari sebelumnya," tuturnya.

Meskipun penerbangan terganggu, Budi menyatakan, pihaknya tidak melakukan pembatasan terhadap penerbangan menuju Sampit. Namun, Budi mengimbau kepada pihak maskapai penerbangan untuk melakukan koordinasi yang baik dengan pihak Airnav untuk mengetahui rekomendasi keadaan cuaca pada saat penerbangan.

"Kita memang minta kepada Airnav, operator AP II sangat hati-hati membaca situasi dan merekomendasikan dengan yang konservatif. Artinya, pada visibility tertentu pesawat dilarang mendarat," jelasnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More