Minggu 15 September 2019, 15:10 WIB

Akibat Asap Karhutla, Penerbangan ke Sampit Terganggu

Atalya Puspa | Humaniora
Akibat Asap Karhutla, Penerbangan ke Sampit Terganggu

MI/Arya Manggala
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

 

ASAP tebal yang ditimbulkan dari kebakaran lahan dan hutan di sejumlah wilayah Indonesia masih belum bisa teratasi saat ini. Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menyebut saat ini wilayah yang perlu diwaspadai akibat adanya kabut asap yakni sejumlah wilayah di Kalimantan.

"Asap kita lihat Riau sudah lebih membaik, yang agak parah itu sekarang Sampit juga Pontianak," kata Budi di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (15/9).

Baca juga: Ini Daftar Penerbangan yang Terdampak Akibat Kabut Asap

Dirinya menyatakan, asap tersebut berdampak pada penerbangan yang akhirnya harus ditunda dan dibatalkan karena tidak memungkinkannya jarak pandang.

"Sampit itu delay ya lumayan. Ada yang cancel ada delay. Kalau Pekanbaru cuma pagi saja delay-nya tapi sudah membaik dari hari sebelumnya," tuturnya.

Meskipun penerbangan terganggu, Budi menyatakan, pihaknya tidak melakukan pembatasan terhadap penerbangan menuju Sampit. Namun, Budi mengimbau kepada pihak maskapai penerbangan untuk melakukan koordinasi yang baik dengan pihak Airnav untuk mengetahui rekomendasi keadaan cuaca pada saat penerbangan.

"Kita memang minta kepada Airnav, operator AP II sangat hati-hati membaca situasi dan merekomendasikan dengan yang konservatif. Artinya, pada visibility tertentu pesawat dilarang mendarat," jelasnya. (OL-6)

Baca Juga

medcom.id

Penerapan New Normal, IDI: Harus Ada Timing Tepat

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Minggu 31 Mei 2020, 14:36 WIB
Daeng mengatakan, fase new normal diterapkan saat kurva penularan minim. Data basic reproduction number (R0) / basic reproductive rate (Rt)...
Antara/Akbar Nugroho Guma

Tetap Produktif Meski di Rumah

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 31 Mei 2020, 14:20 WIB
Penggiat media sosial Taqy Malik berbagi pengalaman saat harus di rumah di tengah pandemi virus covid-19 yang sedang...
MI/Ramdani

Tiga Jurus NRC Perkuat Media Group News 

👤Ade Alawi 🕔Minggu 31 Mei 2020, 13:55 WIB
News Research Center (NRC) diharapkan memainkan perannya tidak hanya menyuplai data riset melainkan sebagai think thank (tangka...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya