Minggu 15 September 2019, 14:16 WIB

Suplai Air Bersih Mulai Gunakan Anggaran Perubahan

Liliek Dharmawan | Nusantara
Suplai Air Bersih Mulai Gunakan Anggaran Perubahan

Antara
Ilustrasi

 

KEKERINGAN yang semakin meluas di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) membuat BPBD setempat mulai mengeluarkan alokasi dana dari APBD Perubahan. Pasalnya, stok air bersih yang dianggarkan lewat APBD induk telah habis. Kepala Pelaksana Harian BPBD Banyumas Ariono Poerwanto mengatakan sampai sekarang kekeringan semakin meluas dan melanda 60 desa di 19 kecamatan.

"Alokasi anggaran melalui APBD induk sebanyak 1.000 tangki sudah habis tersalurkan. Saat ini, BPBD mulai menggunakan dana APBD perubahan. Sebab, telah diputuskan adanya tambahan stok air bersih hingga 1.500 tangki untuk memenuhi kebutuhan warga sampai akhir musim kemarau," jelas Ariono, pada Minggu (15/9).

Menurut Ariono, warga yang mengalami kekeringan telah mencapai 14,5 ribu keluarga atau lebih dari 51 ribu jiwa. Mereka tersebar merata di 19 dari 27 kecamatan yang ada di Banyumas.

"Kekeringan tahun sekarang memang lebih parah jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Karena sampai kini, BPBD telah menyuplai sebanyak 5,3 juta liter air bersih. Daerah yang paling parah dilanda kekeringan adalah Kecamatan Sumpiuh,  karena ada 11 desa alami krisis air bersih," ujarnya.

baca juga:PLN Mampu Tekan Tunggakan Listrik di Nias Hingga 95%

Sedangkan desa yang paling banyak disuplai air bersih adalah Desa Kalitapen, Kecamatan Purwojati sebanyak 86 tangki dan Desa Nusadadi, Kecamatan Sumpiuh dengan 68 tangki air bersih.

"Pendistribusian air bersih masih akan terus kami lakukan hingga akhir kemarau," kata Ariono. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA

Kembali Ke Zona Merah, Tatap Muka di Sekolah Ditunda

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Senin 13 Juli 2020, 13:08 WIB
Munculnya dua pasien positff covid-19 di Kabupaten Bangka menyebabkan kegiatan belajar mengajar yang seharusnya dilaksanakan di Kabupaten...
MI/Dwi Apriani

Pupuk Bersubsidi di Sumsel Dipastikan Aman dari Kelangkaan

👤Dwi Apriani 🕔Senin 13 Juli 2020, 13:03 WIB
PT Pupuk Sriwidjaja Palembang memastikan tidak akan ada kelangkaan pupuk pada musim tanam kali ini. Pupuk Srwidjaja siap mendukung...
MI/Bagus Suryo

Industri Tembakau Malang Tuntut Keadilan HJE Rokok

👤Bagus Suryo 🕔Senin 13 Juli 2020, 12:11 WIB
Selama ini para produsen besar terus menerapkan praktik menyiasati pemasaran menjual rokok termurah di bawah banderol atau tidak sesuai HJE...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya