Minggu 15 September 2019, 12:30 WIB

Umur TPA Bantargebang Tinggal Tiga Tahun Lagi

Atikah Ishmah Winahyu | Megapolitan
Umur TPA Bantargebang Tinggal Tiga Tahun Lagi

MI/Susanto
Artis senior Titiek Puspa hadir dalam deklarasi Pilah Sampah Dari Rumah di Pintu V Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (15/9).

 


KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengajak masyarakat memilah sampah dari rumah melalui Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Rumah di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (15/9).

Direktur Jendral Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK Rosa Vivien Ratnawati mengatakan, gerakan ini dilakukan sebagai upaya mendorong kesadaran masyarakat memilah sampah rumah tangga agar dapat didaur ulang guna mengurangi jumlah sampah di Indonesia.

"Sampah di seluruh Indonesia jumlahnya 65,8 juta ton, itu sampah saja. Jadi ayo kita kurangi. TPA (Tempat Pembuangan Akhi) Bantargebang umurnya tinggal tiga tahun, habis itu kita buang sampah kemana?" ujar Vivien di GBK, Jakarta, Minggu (15/9).

Vivien menjelaskan, sampah yang sudah dipilah yakni organik dan anorganik dapat diolah kembali untuk kepentingan lainnya, seperti membuat pupuk kompos dan didaur ulang di pabrik. Selain itu, sampah ini juga dapat dimasukkan ke bank sampah sehingga masyarakat bisa mendapatkan uang tambahan dari sampah yang dibuang.

"Kalau masuk ke bank sampah dapat uang. Setahun bisa lima juta satu orang, lumayan kan. Jadi gerakan seperti ini harus terus dilakukan, yang penting kita hari ini menumbuhkan semangat pilah sampah," katanya.

Vivien menjelaskan, sampah-sampah yang sudah terpilah di rumah nantinya akan diangkut truk sampah yang telah disediakan oleh Pemerintah DKI Jakarta.

"Pemerintah DKI Jakarta sudah mengatakan akan menyediakan truk yang terpilah. Jadi kalau hari apa yang plastik atau bukan basah istilahnya, dan hari apa yang basah. Saya harap gerakan ini menyadarkan kita semua," tambahnya.

Selain di DKI Jakarta, Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Rumah juga akan disosialisasikan ke sejumlah daerah lain di Indonesia. Penyanyi senior Titiek Puspa yang juga hadir dalam acara ini ikut menyerukan ajakan pilah sampah dari rumah sebagai wujud cinta pada negara.

baca juga: Pembiayaan Kredit di Bekasi Tergolong Besar

"Kalau kita memang cinta sama negeri kita, terima kasih sama Tuhan diberikan Indonesia yang indah, please mulai hari ini pilah sampah pada tempatnya," seru Titiek Puspa. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More