Minggu 15 September 2019, 12:26 WIB

Ansu Fati Curi Perhatian Klasemen La Liga

Despian Nurhidayat | Sepak Bola
Ansu Fati Curi Perhatian Klasemen La Liga

AFP
Ansu Fati

 

MESKIPUN tanpa Lionel Messi, Barcelona tetap mampu menghancurkan gawang Valencia dengan hadirnya sosok idola baru, Ansu Fati. El Barca berhasil membubuhkan skor 5-2 di Camp Nou pada Minggu (15/9) dini hari WIB, sekaligus membalaskan kekalahan mereka di final Copa Del Rey bulan Mei lalu.

Tentunya kemenangan yang membuat tim berjuluk Blaugrana ini mampu bertengger di posisi empat klasemen sementara La Liga. Ini berkat adanya sokongan dari pemain yang baru saja berusia 16 tahun. Ansu Fati, merupakan pemain dari akademi La Masia yang baru saja digadang-gadang sebagai sosok pengganti Messi.

Pada saat pertandingan baru saja berjalan selama dua menit, Fati sudah mampu mengoptimalkan umpan dari Frenkie de Jong. Tentunya pujian yang diberikan untuk Fati bukan hanya dari aksi gol cepatnya saja, pada menit ketujuh. Dia memberikan umpan kepada de Jong dan membuat keunggulan Blaugrana menjadi 2-0 dengan waktu kurang dari 10 menit.

Tak merasa puas, Fati pun banyak memberikan peluang yang hampir menambahkan catatan namanya di papan skor. Namun sayang, Valencia yang malah mengejar ketertinggal dengan gol Kevin Grameiro di menit ke-27. Skor 2-1 pun bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Fati masih mencari gol tambahan baginya dan banyak melakukan serangan. Namun, di menit ke-51 pemain anyar Blaugrana, Antoine Griezmann hampir saja membuat gol saat tendangannya berhasil ditepis oleh Jasper Cillessen. Tapi, bola tersebut malah membentur tiang dan Gerard Pique yang berjarak dekat dengan bola liar tersebut langsung menyambarnya dan menghasilkan gol ketiga bagi Barcelona.

Pada menit ke-61, Fati pun digantikan oleh Luis Suarez dan seluruh penonton memberikan standing ovation kepada pemain sayap yang terlihat menjanjikan ini. Baru saja bermain, Suarez langsung menunjukkan ketajamannya dengan berhasil mencetak dua gol. Jelang akhir pertandingan, Valencia mendapatkan gol penghibur yang dicetak oleh Maximiliano 'Maxi' Gómez González.

Pada pertandingan ini, bisa dikatakan semua mata tertuju pada Fati, yang kini baru bermain dua kali untuk Blaugrana. Pelatih Ernesto Valverde pun mengakui bahwa performa yang ditunjukkan oleh anak muda tersebut malam ini sangat mengejutkannya.

"Tidak mudah bagi siapa pun untuk bermain di Barca, apalagi bagi seseorang pemain muda seperti Ansu Fati. Tidak normal baginya untuk mencetak gol pada bola pertama dan dia dapat memberikan assist pada gol kedua. Ansu memiliki kualitas yang sesuai dengan kami, dan kami  melihat potensi yang dimilikinya," ungkap pelatih asal Spanyol tersebut usai pertandingan dilansir dari Goal.com.

Keberhasilan Fati untuk menunjukkan kebolehannya di Barca telah membuatnya dibanding-bandingkan dengan pemain andalan Blaugrana, Messi. Messi juga masuk ke tim utama Barca sebelum berusia 18 tahun.

Bagaimanapun, Valverde tidak ingin membesar-besarkan isu tersebut dan ia mengingikan agar Fati yang muncul dengan luar biasa dapat fokus pada permainannya sendiri.

"Saya tidak peduli jika Ansu Fati telah dibandingkan dengan Messi. Kami tahu bahwa balon ini akan mulai naik sekarang tetapi kami akan berusaha untuk mengempisnya. Semua terserah kepada kami karena ini untuk melindungi pemain," lanjutnya.

Sebulan sebelumnya, ayah Fati pun mengakui bahwa Real Madrid sebelumnya telah memberikan penawaran yang lebih tinggi dibandingkan Barca. Namun, Barca lebih memilih untuk melakukan pendekatan secara langsung dan menemui ayah Fati untuk meyakinkannya bergabung dengan Blaugrana.

baca juga: Hasil di Bekasi Tentukan Nasib Banuelos

"Ini adalah hari paling bahagia dalam hidup saya. Ketika dia memberi tahu kami bahwa dia dipanggil oleh Valverde, aku mulai menangis dan istriku juga. Pada usia enam atau tujuh tahun, dia datang ke Spanyol. Saya pernah ke sini sebelumnya dan saya tidak tahu dia bermain sepak bola. Mereka mengatakan kepada saya bahwa saya tidak menyadari betapa hebatnya anak saya," tambahnya setelah debut Fati dalam kemenangan 5-2 atas Real Betis Agustus lalu. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More