Sabtu 14 September 2019, 22:15 WIB

TNI Tambah Personel dan Pesawat Padamkan Karhutla Riau

Antara | Nusantara
TNI Tambah Personel dan Pesawat Padamkan Karhutla Riau

Antara
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (tengah) seusai rapat koordinasi penanganan karhutla Provinsi Riau di Pekanbaru, Riau, Sabtu (14/9/2019

 

PANGLIMA TNI menyatakan akan menambah 350 personel gabungan untuk memperkuat pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau. "Kita akan tambah kekuatan personel 350 orang dari TNI, Polri. dan lainnya. Mereka akan bawa peralatan untuk padamkan karhutla," kata dia.

Tambahan 350 personel tersebut akan memperkuat Satgas Karhutla Riau yang memadamkan api dari darat, yang kini jumlahnya sekitar 5.800 orang. Selain itu, ia mengatakan akan menambah pesawat untuk modifikasi cuaca atau hujan buatan, yakni mendatangkan pesawat CN 295 yang berkapasitas 2,5 ton garam untuk menyemai awan.

Baca juga: Panglima TNI Komitmen Copot Anak Buah Gagal Tanggulangi Karhutla

Sebelumnya, Panglima TNI juga sudah menambah satu Cassa 212 untuk operasi hujan buatan yang berkapasitas satu ton. Dengan begitu, total ada tiga pesawat untuk melakukan penyemaian garam ke awan, yakni dua pesawat Cassa dan CN 295. Ketiga pesawat itu akan berada di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

"Sehingga tambahan pesawat ini, dalam sehari Satgas bisa semai atau sebar garam kurang lebih tujuh ton," katanya. (X-15)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More