Sabtu 14 September 2019, 19:54 WIB

Pemulangan Jemaah Haji Indonesia 2019 Berakhir Besok

Sitria Hamid dari Arab Saudi | Haji
Pemulangan Jemaah Haji Indonesia 2019 Berakhir Besok

ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Kedatangan Jemaah Haji

PEMULANGAN jemaah haji Indonesia terakhir akan dilakukan pada Minggu dini hari (15/9). Jemaah haji kloter 15 Embarkasi Balikpapan (BPN-15) menjadi yang terakhir kembali ke Tanah Air.

Kepala Daerah Kerja Bandara Jeddah Madinah Arsyad Hidayat menyampaikan hal itu, di Madinah, Sabtu (14/9)

"Pemberangkatan atau kepulangan jemaah haji (terakhir) dari Arab Saudi atau dari bandara Madinah ke tanah air tersebut pada Minggu tanggal 15 September ," kata Arsyad Hidayat.

Menurut dia, pada hari pemulangan terakhir tersebut, akan diberangkatkan sebanyak 4 kloter. Yakni, embarkasi Solo 96 (SOC-96),), Balikpapan-15 (BPN-15), serta Ujung Pandang-40 (UPG-40), Banjarmasin 19 (BDJ-9

Dia menyebutkan, bahwa jemaah haji Indonesia yang terakhir pulang adalah BPN 15, yang akan diberangkatkan pada pukul 02.25 Waktu Arab Saudi (WAS).

Baca juga: Pemerintah Saudi Kurangi Biaya Visa Progresif Umrah dan Haji

Pemulangan tersebut, lanjutnya, sekaligus menuntaskan proses pemulangan seluruh jemaah haji Indonesia 2019 dari Arab Saudi.

Jemaah haji Indonesia yang masih tinggal di Arab Saudi, hanya mereka yang masih dalam perawatan di RS Arab Saudi atau Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

Dia menambahkan, bahwa selama ini proses pemulangan jemaah haji berlangsung lancar.

"Selama ini (proses pemulangan) so far so good. Jadi tidak terlalu ada masalah yang berarti,”tegasnya.

Seperti diketahui, jumlah jemaah haji Indonesia pada 2019 berjumlah sebanyak 229.613 orang, terdiri dari jemaah haji regular sebanyak 212. 732 orang dengan 529 kelompok terbang (kloter). Dan jemaah haji khusus sebanyak 16.881 orang dengan 210 Penyelenggara Haji Khusus (PIHK).

Pemulangan jemaah haji Indonesia dilakukan sejak 17 Agustus untuk gelombang pertama di Mekah, yang diberangkatkan melalui bandara Jeddah. Dan untuk gelombang kedua pemulangan dari Bandara Madinah. Pemulanan jemaah haji gelombang kedua dari Madinah telah dimulai sejak tanggal 30 Agustus 2019. Besok, Minggu tanggal 15 September merupakan pemulangan terakhir jemaah haji Indonesi 2019.(OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More