Jumat 13 September 2019, 11:30 WIB

Trump Ungkap Belasungkawa untuk Habibie

Fajar Nugraha | Internasional
Trump Ungkap Belasungkawa untuk Habibie

AFP/Nicholas Kamm
Presiden Amerika Serikat Donald Trump

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan istrinya Melania menyatakan berduka cita atas wafatnya Presiden Ketiga RI BJ Habibie.

“Kami berduka bersama rakyat Indonesia atas meninggalnya mantan Presiden BJ Habibie. Di tengah berbagai tantangan berat yang menyertai berakhirnya era Presiden Suharto, Habibie menjalankan kepemimpinan yang luar biasa dalam menjaga persatuan dan tradisi pluralistik di Indonesia, serta dalam mengantar kemunculan negara ini menjadi salah satu negara demokrasi yang hebat di dunia,” ujar pernyataan resmi Gedung Putih, yang diterima, Jumat (13/9).

“Habibie, seorang insinyur yang berhasil, juga akan dikenang kontribusinya bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia. Termasuk industri penerbangan dalam negeri, suatu contoh luhur dari kreativitas dan tekad kuat masyarakat Indonesia,” imbuh pernyataan itu.

Ucapan duka juga disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo.

Baca juga: AS Sebut Habibie Pimpin Indonesia Saat Transisi

Bagi Pompeo, Habibie telah memimpin negara dan rakyat Indonesia melalui periode penting transisi demokrasi yang luar biasa, dan memberikan kontribusi yang berkelanjutan bagi pembangunan ekonomi , termasuk melalui komitmennya terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Dalam masa berkabung ini, terimalah simpati kami yang mendalam serta keyakinan bahwa Amerika Serikat akan terus mengingat persahabatan dengan Presiden Habibie dan dedikasinya untuk negara,” imbuh Pompeo.

BJ Habibie wafat di usia 83 tahun. Teknorat kelas dunia yang juga Bapak Dirgantara Indonesia itu dimakamkan di sebelah makam istrinya tercinta, Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Bapak Teknologi Indonesia itu tutup usia pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Presiden Joko Widodo memimpin langsung upacara pemakaman Habibie di Kalibata. Warga pun tampak memberikan penghormatannya selama kendaraan yang membawa jenazah Habibie melintas menuju Kalibata. (Medcom/OL-2)

Baca Juga

FP/JAIME REINA

Spanyol Berencana Perpanjang Karantina Hingga 21 Juni

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 23:05 WIB
Langkah itu akan jadi karantina wilayah terakhir yang diberlakukan di Spanyol mengingat jumlah pasien positif telah turun...
Antara

Parlemen Thailand Setujui Dana Rp849,96 T untuk Dampak Pandemi

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 22:11 WIB
Parlemen Thailand menyetujui tiga rancangan undang-undang tentang paket bantuan ekonomi senilai 1,9 triliun baht (sekitar Rp849,96...
Antara

Malaysia Kembali Operasikan Penuh Mesin ATM Mulai Besok

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 22:04 WIB
PEMERINTAH Malaysia kembali memutuskan untuk membuka operasi mesin ATM selama 24 jam mulai Senin (1/6) setelah sebelumnya hanya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya