Jumat 13 September 2019, 09:00 WIB

Penelitian tentang Piza dan Alat Pengganti Popol Menang Ig Nobel

Basuki Eka Purnama | Internasional
Penelitian tentang Piza dan Alat Pengganti Popol Menang Ig Nobel

AFP/Natsuko FUKUE
Upacara pembagian Ig Nobel 2018

 

SEBUAH penelitian mengenai apakah piza yang dibuat dan dimakan di Italia bisa memerangi kanker dan penemuan sebuah alat pengganti popok terpilih sebagai pemenang penghargaan Ig Nobel tahun ini.

Ilmuwan yang mengukur air liur anak dan yang meneliti kenikmatan menggaruk juga memenangkan penghargaan tahunan yang diberikan kepada penelitian yang tidak biasa.

Ig Nobel dibagikan di Universitas Harvard di Cambridge, Massachusetss, Amerika Serikat pada Kamis (12/9).

Penghargaan Ig Nobel bertujuan untuk merayakan penelitian yang imaginatif dan tidak biasa serta mendorong orang agar tertarik dengan sains, kedokteran, dan teknologi.

Penghargaan Ig Nobel untuk kategori anatomi diberikan kepada Roger Mieusset dan Bourras Bengoidifa yang mengukur perbedaan suhu buah zakar antara tukang pos di Prancis saat berpakaian dan saat telanjang.

Baca juga: Air New Zealand Ingin Patenkan Kia Ora, Warga Maori Protes

Fritz Strack dari Universitas Warzburg memenangkan penghargaan kategori psikologi karena menemukan bahwa menempatkan pena di mulut akan membuat seseorang tersenyum dan menjadi bahagia.

Sebuah tim asal Jepang memenangkan penghargaan untuk kategori kimia setelah mengukur jumlah air liur yang dihasilkan per hari oleh seorang balita.

Iman Farahbaksh asal Iran memenangkan penghargaan kategori teknik karena menciptakan mesin pengganti popol yang telah dipatenkan pada tahun lalu.

Sebuah tim internasional mendapatkan Ig Nobel Perdamaian karena mengukur tingkat kebahagiaan dari menggaruk.

Adapun Silvano Gallus mendapatkan penghargaan untuk kategori kesehatan karena menemukan bukti bahwa piza bisa melindungi seseorang dari penyakit namun hanya jika dibuat dan dimakan di Italia.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang sebesar 10 triliun dolar Zimbabwe

Seperti tahun-tahun sebelumnya, penghargaan akan diserahkan oleh para pemenang Hadiah Nobel. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More