Jumat 13 September 2019, 08:30 WIB

AS Sebut Habibie Pimpin Indonesia Saat Transisi

Fajar Nugraha | Internasional
AS Sebut Habibie Pimpin Indonesia Saat Transisi

AFP/Mandel NGAN
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo

 

MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Presiden Ketiga RI BJ Habibie. Pompeo yang mewakili Pemerintah AS mengakui peran Habibie untuk Indonesia.

“Presiden Habibie telah memimpin negara dan rakyatnya melalui periode penting transisi demokrasi Indonesia yang luar biasa dan memberikan kontribusi yang berkelanjutan bagi pembangunan ekonomi Indonesia, termasuk melalui komitmennya terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Pompeo dalam keterangan tertulis Kedubes AS, yang diterima, Jumat (13/9).

“Dalam masa berkabung ini, terimalah simpati kami yang mendalam serta keyakinan bahwa Amerika Serikat akan terus mengingat persahabatan dengan Presiden Habibie dan dedikasinya untuk negara,” imbuh Pompeo.

Sebelumnya, sejumlah tokoh internasional juga mengucapkan duka atas wafatnya Habibie.

Baca juga: Maudy Ayunda Kehilangan Figur Idola

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison turut mengucapkan belansungkawanya atas wafatnya Habibie.

BJ Habibie, wafat di usia 83 tahun. Teknorat kelas dunia yang juga Bapak Dirgantara Indonesia itu dimakamkan di sebelah makam istrinya tercinta, Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Bapak Teknologi Indonesia itu tutup usia pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Presiden Joko Widodo memimpin langsung upacara pemakaman Habibie di Kalibata. Warga pun tampak memberikan penghormatannya selama kendaraan yang membawa jenazah Habibie melintas menuju Kalibata. (Medcom/OL-2)

Baca Juga

AFP/Jessica Taylor

Inggris Perluas Akses Kewarganegaraan Bagi Penduduk Hong Kong

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Jumat 03 Juli 2020, 16:35 WIB
Menteri Luar Negeri Dominic Raab mengatakan tawaran Inggris juga meluas ke tanggungan mereka yang berstatus...
AFP

AS Campuri Urusan Hong Kong, Tiongkok Siapkan Pembalasan

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Jumat 03 Juli 2020, 16:09 WIB
Sebelumnya, Senat AS dengan suara bulat menyetujui sanksi keras terhadap pejabat Tiongkok dan polisi Hong Kong, setelah UU kemanan nasional...
AFP/MONIRUL BHUIYAN

Ratusan Gajah Afrika di Botswana Ditemukan Mati Misterius

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 03 Juli 2020, 14:55 WIB
Selama dua bulan terakhir, ratusan gajah Afrika di Botswana ditemukan mati secara misterius. Dilaporkan BBC, hal itu belum pernah terjadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya