Kamis 12 September 2019, 23:00 WIB

MA Amerika Izinkan Pembatasan Suaka

MA Amerika Izinkan Pembatasan Suaka

AFP
Presiden Amerika Serikat Donald Trump

 

MAHKAMAH Agung Amerika Serikat (AS), Rabu (11/9), mengizinkan pemerintahan Presiden Donald Trump untuk menerapkan pembatasan suaka yang mencegah sebagian besar migran Amerika Tengah mencari suaka di AS.

Kebijakan ini dimaksudkan untuk menolak suaka kepada siapa pun yang melewati negara lain dalam perjalanan mencari suaka ke AS tanpa mencari perlindungan terlebih dahulu di negara yang ia lewati tersebut, di antara sembilan hakim di pengadilan, hakim liberal Sonia Sotomayor dan Ruth Bader Ginsburg berbeda pendapat.

Badan Eksekutif mengeluarkan peraturan untuk membalikkan praktik-praktik yang telah berlangsung lama menyangkut para pengungsi yang mencari tempat perlindungan dari penyiksaan.

"Aturan itu melarang hampir semua orang Amerika Tengah untuk mengajukan suaka di AS jika mereka masuk atau berusaha masuk melalui perbatasan selatan, kecuali mereka sudah ditolak suaka di Meksiko atau negara dunia ketiga lainnya," tulis Sonia.

Keputusan tersebut menjadi kemenangan besar bagi aturan imigrasi Trump yang membatasi, yang ia jadikan pilar pokok kepresidenannya sekaligus yang telah berulang kali dilawan di pengadilan. "Mahkamah Agung AS yang Besar Menang untuk Perbatasan Suaka!" cicit Trump dalam twiter-nya.

Saat menanggapi keputusan itu, Ketua Komite Urusan Luar Negeri House Eliot Engel mengatakan kebijakan itu menyangkut hidup dan mati mereka.

Senada dengan Eliot, Pengacara American Civil Liberties Union, Lee Gelernt, menyatakan bahwa kebijakan itu mempertaruhkan ribuan nyawa. "Kami akan menang pada akhirnya. Kehidupan ribuan keluarga dipertaruhkan," kata Gelernt.

Demokrat mengatakan keputusan itu membahayakan nyawa orang. Ketua Demokrat dari Komite Kehakiman DPR AS Jerrold Nadler mengungkapkan keputusan pengadilan itu mengecewakan. "Hidup akan hilang. Aturan ini akan menyebabkan mereka yang melarikan diri dari ketakutan dan penganiayaan akan ditolak di depan pintu kami dan hanya akan memperburuk krisis kemanusiaan di wilayah ini. Amerika Serikat bisa dan harus berbuat lebih baik," terangnya.

Pembatasan suaka menyasar pada aliran migran dari Amerika Tengah yang telah mencoba menyeberang ke Amerika Serikat dari Meksiko guna mengajukan suaka. Permohonan yang kerap dilontarkan oleh mereka ialah melarikan diri dari kekerasan endemik dan kemiskinan di negara asal mereka. (AFP/Uca/I-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More