Kamis 12 September 2019, 19:50 WIB

TMMD Percepat Pembangunan Daerah

Golda Eksa | Politik dan Hukum
TMMD Percepat Pembangunan Daerah

Dok. Dispen TNI AD
Asisten Teritorial KSAD Mayjen Bakti Agus Fadjari (tengah)

 

PROGRAM TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) TNI AD bertujuan untuk membantu percepatan pembangunan daerah, khususnya di daerah tertinggal. Kegiatan itu sekaligus membantu pemerintah guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera, mandiri, serta memiliki ketahanan dalam menghadapi tantangan kemajuan ekonomi dan budaya.

Demikian pernyataan Kepala Staf TNI AD Jenderal Andika Perkasa melalui Asisten Teritorial TNI AD Mayjen Bakti Agus Fadjari saat membuka Rapat Koordinasi Teknis TMMD ke-106 TA 2019, di Markas Besar TNI AD, Jakarta, Kamis (12/9). Dalam kegiatan itu TNI AD bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

TMMD ke-106 akan dilaksanakan pada 2-31 Oktober 2019. Kegiatan tersebut melibatkan 50 tim satuan tugas atau sekitar 7.500 prajurit yang tersebar di 52 kabupaten/kota dan 74 kecamatan di penjuru Tanah Air.

Baca juga: TMMD Tingkatkan Konektivitas dan Kesejahteraan di Bukit Sejahtera

Bakti mengemukakan, kegiatan yang akan dilaksanakan berupa proyek fisik dan nonfisik. Kegiatan fisik meliputi rehabilitasi rumah tidak layak huni, rumah ibadah, dan pembuatan jalan di daerah terutama yang aksesnya sulit dijangkau. Sedangkan kegiatan fisik, antara lain penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, narkoba, pertanian, dan peternakan.

"TMMD sebagai program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan segenap komponen bangsa. Kegiatan yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat adalah wujud komitmen TNI untuk ikut dalam membangun bangsa," ujarnya.

Oleh karena itu, sambung dia, kegiatan TMMD tetap memerlukan gotong-royong dan partisipasi aktif dari semua pihak, terutama kementerian terkait, pihak pemda, serta elemen masyarakat lainnya. Dengan demikia akan tercipta kesatuan visi dan persepsi dalam menyukseskan TMMD yang akan datang.

"Dengan adanya komitmen bersama dan dukungan dari semua pihak yang terlibat, maka tujuan program TMMD untuk membantu mempercepat pembangunan di desa-desa tertinggal, daerah terpencil, kawasan kumuh di perkotaan, serta daerah yang terdampak bencana di seluruh nusantara dapat terwujud. Kita berharap TMMD ini menjadi sumbangsih besar TNI bagi kemajuan bangsa dan negara," kata dia.

Sementara, Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah KLHK Winarni D Monoarfa, mengapresiasi kerja sama penyelenggaraan TMMD antara TNI dan KLHK yang sebelumnya ditandai melalui memorandum of understanding (MoU).

"Fokus kegiatan TMMD dengan Kementerian LHK kali ini adalah rehabilitasi hutan dan lahan, pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), program-program perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup, serta mendorong percepatan pengurangan lahan kritis guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More