Kamis 12 September 2019, 14:00 WIB

Wiranto Nilai Habibie Sukses Lalui Masa Transisi

Cahya Mulyana | Humaniora
Wiranto Nilai Habibie Sukses Lalui Masa Transisi

ANTARA/M Risyal Hidayat
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto

 

MENTERI  Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie dalam masa jabatan yang singkat mampu melaksanakan masa peralihan dari orde baru ke reformasi.

Berkat kegemilangan itu Indonesia sampai saat ini bisa mengenyam manfaat demokrasi.

"Beliau bisa switch dari teknokrat menjadi seorang negarawan yang merintis demokrasi di Indonesia. Beliau bisa melakukan satu lompatan dari stigma Orde Baru masuk kepada satu kondisi negara yang sangat reformis dan demokratis yang sempat banyak orang meragukannya apakah beliau mampu menghapus stigma ini dan buktinya bisa," papar Wiranto usai melihat Latihan Gabung TNI 2019 Dharma Yudha di Pos Tinjau T12 Pusat Latihan Tempur Pusat Latihan dan Tempur (Puslatpur) Marinir-5 Baluran, Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (12/9).

Menurut dia, Habibie mampu membangun demokrat dengan luwes dan tanpa beban walaupun sempat menjabat sebagai menteri di era Presiden Soeharto selama 20 tahun.

Baca juga: Cerita Habibie Salat di Gereja Saat Studi di Jerman

Stigma Orde Baru ia abaikan dan memilih fokus menjawabnya dengan membangun sistem demokrasi yang sangat baik dan bertahan hingga saat ini.

"Ia sempat menjadi menteri di Orde Baru, tapi ternyata beliau mampu untuk merintis satu komposisi demokrasi yang sampai sekarang kita nikmati bersama," ungkapnya.

Keteladanan lain, kata dia, Habibie memiliki jiwa patriotis yang kuat, walaupun memiliki status kependudukan khusus di Jerman tapi ia lepaskan begitu saja ketika Ibu Pertiwi membutuhkannya.

"Beliau mampu mendorong bangsa untuk memproduksi pesawat terbang, itu satu lompatan yang luar biasa ya tidak khawatir kalau kemudian atau katakanlah kita sangat mendukung apabila beliau dijuluki sebagai bapak teknologi Indonesia," terangnya.

Terakhir, Wiranto menjelaskan bahwa Habibie berpesan kepada seluruh pemangku jabatan dan masyarakat untuk bersatu padu menjaga keutuhan bangsa.

"Beliau mengingatkan kita untuk merawat dan menjaga negeri ini yang kita warisi dari para pendahulu kita, para founding fathers. Oleh karena itu yang terpenting saat ini marilah kita lanjutkan apa yang telah beliau cita-citakan, satu negara yang modern juga demokratis serta mampu mensejahterakan rakyatnya," pungkasnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More