Kamis 12 September 2019, 13:55 WIB

Cerita Habibie Salat di Gereja Saat Studi di Jerman

Thomas Harming Suwarta | Humaniora
Cerita Habibie Salat di Gereja Saat Studi di Jerman

ANTARA/HADIYANTO
Presiden BJ Habibie dan Ibu Hasri Ainun Habibie melambaikan tangan kepada para anggota DPR/MPR RI yang baru dilantik, 1 Oktober 1999

 

BANYAK kenangan yang dibagikan BJ Habibie saat dia mengenyam pendidikan di Jerman. Selama 1955-1973, berada di Jerman, putra pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA Tuti Marini Puspowardojo itu berkisah tentang pengalamannya harus menepi ke gereja, khususnya saat-saat dia sangat ingat kedua orangtuanya di Tanah Air.

Ditemani alunan musik gereja dan kicauan burung gereja, Rudi Habibie, panggilan akrab dia saat itu, berdoa dengan cara Islam di dalam gereja.

"Di sana (Jerman), tidak ada masjid atau pun musala karena mayoritas warga di sana beragama Katolik. Sehingga sangat sulit bagi saya  menemukan tempat beribadah dan mengadu kepada Tuhan," kata Habibie melalui video singkat yang viral di media sosial, Kamis (12/9).

Habibie muda berkisah, ia yang ingin sekali menenangkan diri dan ingin mengadu kepada Tuhan terutama saat kerinduannya membuncah pada kedua orangtuanya di tanah air, akhirnya nekat masuk ke dalam Gereja.

Baca juga: Kenangan Anies, Dipanggil Habibie Soal Reklamasi

"Saya akhirnya ke gereja lalu saya berkata, 'Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa, gedung ini dibuat oleh manusia yang mencintai-Mu dan saya juga mencintai-Mu. Perkenankan saya untuk masuk dan berdoa dengan cara saya sendiri. Saya ingin berdoa untuk keluarga dan bangsa saya yang saya tinggalkan di Indonesia,” kata Habibie.

Kemudian, dia memutuskan masuk ke dalam gedung gereja itu dan memilih untuk berdiri di bangku barisan belakang gereja dekat tempat pembakaran lilin.

"Ada alunan musik gereja. Dan saya akhirnya menunaikan salat di gereja," kenang dia.

Presiden RI ke-3 tersebut, Rabu (11/9), telah berpulang di usianya yang ke-83 menemui Tuhan yang selalu dia rindukan. Selamat Jalan Guru Bangsa yang selalu menginspirasi. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More