Kamis 12 September 2019, 12:27 WIB

Warga Mulai Padati TMP Kalibata

Antara | Humaniora
Warga Mulai Padati TMP Kalibata

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Sejumlah warga berada di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata untuk menghadiri pemakaman almarhum BJ Habibie.

 

MENJELANG prosesi pemakaman Presiden ketiga RI BJ Habibie, sejumlah warga umum sudah mendatangi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Timur, Kamis (12/9).    

Sekitar pukul 10.26 WIB, lokasi pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata telah didatangi warga dari sejumlah wilayah yang ada di Jakarta dan sekitarnya.    

Mereka tampak berdiri berjejer di seberang TMP Kalibata yang diberi kawat berduri. Ada juga beberapa warga yang berani mendekat ke area TMP untuk sekedar mengabadikan foto dan melihat-lihat suasana.        

Warga umum ini datang mengenakan pakaian seperti masyarakat biasa, ada yang berpakaian serba putih, hitam dan pakaian harian lainnya.    

Mereka datang dari berbagai wilayah ada yang dari Jakarta, Bekasi, hingga Bogor.        

Baca juga: Wakil PM Malaysia akan Hadiri Pemakaman Habibie

Sugiat, 67, salah satunya, warga asal Bogor yang sengaja datang hanya untuk menyaksikan pemakaman BJ Habibie yang akan berlangsung setelah Salat Dzuhur nanti.    

Sugiat datang menaiki kereta api dari Bogor pukul 09.00 WIB, untuk pertama kalinya datang untuk menyaksikan pemakaman tokoh nasional.    

"Ya saya kagum saja dengan Pak BJ Habibie. Makanya, saya datang kemari sebagai penghormatan," kata pria yang berprofesi sebagai penjual aksesoris ini.        

Saat ditanyakan apakah dirinya mengenal BJ Habibie, dengan lantang Sugiat mengatakan kenal sebagai presiden. Dan hal yang paling diingat tentang Habibie adalah orang yang membuat pesawat.    

"Ya kenal lah, dia kan presiden aku. Orang yang buat pesawat terbang," seru Sugiat.    

Warga lainnya, Supardi, 52, dari Pasar Rebo Jakarta Timur datang menggunakan sepeda motor.    

Supardi juga sama-sama berniat datang untuk bisa menyaksikan pemakaman Presiden ketiga BJ Habibie.    

"Saya tadinya mau masuk ke dalam ikut lihat prosesi pemakaman, tapi katanya enggak boleh masuk kalau pakai sandal," kata Supardi.    

Supardi mengaku datang juga untuk mendoakan almarhum BJ Habibie agar ditempatkan di Surga.    

"Saya cuma mau kirim doa," kata Supardi.    

Sementara itu suasana di TMP Kalibata mulai dipadati warga dan pelayat.

Sejumlah tamu juga berdatangan baik keluarga, kerabat, diplomat hingga tamu warga biasa lainnya.    

Sejumlah anggota TNI juga bersiap dan melakukan gladi upacara pemakaman, begitu juga anggota Polri mengatur jalannya arus lalu lintas kendaraan bermotor di depan TMP Kalibata.    

BJ Habibie wafat setelah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9) menghembuskan nafas terakhir pada pukul 18.05 WIB diusianya ke 83 tahun.    

Habibie akan dimakamkan usai Salat Dzuhur di TMP Kalibata bersebelahan dengan makan kekasih hatinya Hasri Ainun Habibie. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More