Kamis 12 September 2019, 10:35 WIB

PDIP Lepas Kursi Ketua DPRD di Tujuh Daerah Pantura Jateng

Akhmad Safuan | Nusantara
PDIP Lepas Kursi Ketua DPRD di Tujuh Daerah Pantura Jateng

Mi/Haryanto
Pelantikan anggota DPRD Jawa Tengah

 

KALAH suara pada pemilu 2019 di tujuh daerah di pantura, Jawa Tengah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) harus puas hanya menempatkan wakil di DPRD. Namun partai bergambar kepala banteng ini masih menguasai kursi DPRD Provinsi dan 28 DPRD lainnya.

Tujuh kursi ketua DPRD yang lepas dari PDIP di wilayah pantura Jawa Tengah adalah Kabupaten Tegal, Pekalongan, Batang, Kendal, Jepara, Rembang dan Kota Pekalongan.

Keperkasaan PDIP di Jawa Tengah kandas dikalahkan PKB untuk beberapa daerah seperti di Kabupaten Pekalongan yang memperoleh 15 kursi dan Tegal 14 kursi, Batang 10 kursi. Sedangkan di Kendal PKB dan PDIP meskipun sama-sama 10 kursi namun PDIP kqlah dalam perolehan suara sehingga harus merelakan kursi ketua.

Sementara di Jepara dan Rembang PDIP juga harus menerima kekuatan PPP. Bahkan di Rembang, kursi yang diperoleh PDIP hanya 6 kursi di bawah Partai NasDem dengan 7 kursi. Sedangkan di Kota Pekalongan dari 35 kursi keperkasaan Partai Golkar harus diakui memperoleh 9 kursi, PKB 7 kursi dan PDIP hanya 5 kursi.

"Surat rekomendasi untuk ketua dan wakil ketua DPRD di daerah telah diserahkan kepada masing-masing ketua DPC PDIP di Jawa Tengah," kata Sekretaris DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Kusriyanto, Kamis (12/9).

Meskipun sebagian besar adalah untuk posisi ketua DPRD, menurut Bambang Kusriyanto, untuk tujuh daerah di pantura PDIP harus puas sebagai posisi wakil ketua.

PDIP telah menetapkan ketua DPRD di wilayah Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Salatiga, Kendal, Kudus, Demak, Pati, Blora, Grobogan, Wonogiri, Karanganyar, Boyolali, Kota Surakarta, Wonosobo, Purworejo, Kebumen, Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Pekalongan, Brebes, Pemalang, Kota Pekalongan, Cilacap, Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Sukoharjo, dan Temanggung.

baca juga: Pesawat Cassa TNI AU Dikerahkan untuk Hujan Buatan di Riau

"Sedangkan untuk Sragen hingga kini masih dalam proses dan pembahasan di DPP sehingga belum turun namanya," tambahnya. (OL-3)

 

Baca Juga

MI/Januari Hutabarat

Rusak Ekosistem, Jaring Apung di Danau Toba Harus Ditutup

👤Apul Iskandar 🕔Rabu 27 Mei 2020, 07:12 WIB
Direktur Program Kelompok Studi dan Pengembangan Prakarsa Masyarakat (KSPPM), Delima Silalahi menyatakan keberadaan jaring apung di Danau...
ANTARA FOTO/Makna Zaezar

Terapkan Protokol Kesehatan di Area Pasar

👤Denny Susanto 🕔Rabu 27 Mei 2020, 07:05 WIB
Meski beberapa daerah telah mengambil langkah tegas dengan menutup pasar tradisional, masih ada daerah lain yang membiarkan pasar tetap...
MI/Hijrah Ibrahim

Kondisi Kesehatan Wali Kota Tidore Kepulauan Membaik

👤Hijrah Ibrahim 🕔Rabu 27 Mei 2020, 07:03 WIB
Dokter setempat telah melakukan pengambilan swab kepada Wali Kota Tidore Kepulauan itu untuk dikirim ke Manado. Saat ini status wali kota...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya