Kamis 12 September 2019, 10:07 WIB

Pesawat Cassa TNI AU Dikerahkan untuk Hujan Buatan di Riau

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
Pesawat Cassa TNI AU Dikerahkan untuk Hujan Buatan di Riau

Antara
Kabut asap menyelimuti Kota Pekanbaru, Riau

 

UNTUK mengendalikan kebakaran hutan dan lahan, TNI Angkatan Udara akan mengerahkan pesawat cassa untuk membantu Satgas Siaga Darurat Karhutla Riau dalam melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) hujan buatan. Rencananya pesawat cassa TNI AU akan tiba di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, Kamis (12/9).

Kadisops Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Penerbang Jajang Setiawan mengatakan Satgas Karhutla akan didukung dengan pesawat Cassa TNI AU untuk misi TMC di Provinsi Riau.

Dijelaskannya, pesawat Cassa akan melakukan penyemaian garam di awan yang berpotensi hujan di wilayah Riau daratan sebanyak 2 kali sortie sehari atau sekitar 1,6 ton garam. Target tim satgas udara ini adalah usaha TMC bisa berjalan sukses, sehingga bisa menimbulkan potensi hujan di Riau pada akhir September.

"Semoga pesawat tersebut dapat membawa berkah hujan buat masyarakat Riau," jelas Jajang, Kamis (12/9).

Dia menambahkan, pihaknya belum dapat menentukan dimana lokasi penyemaian garam akan dilakukan. Apabila ada awan yang berpotensi hujan maka pesawat cassa itu akan melaksanakan penyemaian garam di udara untuk memicu turunnya hujan. Satgas udara mengharapkan hujan buatan yang turun bisa memadamkan api yang sedang membara pada sejumlah lokasi di Riau. Terutama  pada wilayah yang sulit dijangkau oleh tim pemadam satgas darat.

baca juga: Riau Dapat Kiriman Kabut Asap Dari Sumsel dan Jambi

Sementara Kepala BNPB Letjen Doni Monardo melakukan kegiatan kerja peninjauan langsung upaya pemadaman di wilayah hutan lindung Desa Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Riau. Selain menyaksikan proses waterbombing oleh dua helikopter, Kepala BNPB menemukan berjarak sekitar 40 meter ada kobaran api yang sedang membara tengah
menjalar menuju pompa angguk sumur minyak bumi PT Pertamina.

"Ini sangat membahayakan karena ada sumur minyak yang jika tersambar api dapat menimbulkan kebakaran yang fatal," tegas Doni.(OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More