Sabtu 07 September 2019, 10:00 WIB

Bisnis Coworking Space Kian Tumbuh di Indonesia

mediaindonesia.com | Ekonomi
Bisnis Coworking Space Kian Tumbuh di Indonesia

Istimewa
Salah satu perusahaan coworking space menggelar grand opening di Jakarta.

 

KINI ruang kerja model baru di mana kelompok pekerha bersama dengan kelompok pekerja lain dari perusahaan atau organisasi yang berbeda di satu tempat. Coworking space berasal dari bahasa Inggris yang berarti ruang yang digunakan untuk bekerja, menghasilkan karya secara bekerja sama baik antar individu maupun perusahaan yang memiliki latar usaha berbeda.

Co-working space mengedepankan konsep sharing atau berbagi. Dalam satu ruangan terdapat berbagai individu, komunitas, maupun perusahaan, khususnya start-up. Biasanya terdapat satu ruangan terbuka untuk digunakan bersama dan ruangan-ruangan kecil yang dapat disewa per individu atau per komunitas atau perusahaan.

Industri co-working space di Asia Tenggara tumbuh sekitar 15% mulai 2017. Peluang di Indonesia sendiri menurut penggiat industri masih besar, baik di kota-kota besar ataupun di daerah sekitarnya.

baru-baru ini, Kolabora mengadakan Grand Opening Kolabora Coworking Space di Gedung Hayam Wuruk Plaza lt.21, pada Jumat siang (6/9).

Kolabora yang berbasis di Jakarta adalah sebuah coworking space lokal atau ruang kerja bersama yang mendorong orang untuk berkolaborasi dengan banyak orang dari berbagai macam perusahaan maupun organisasi sambil bekerja di satu tempat yang sama bertujuan untuk mengembangkan pertumbuhan bisnis mereka dan membangun koneksi.

Dalam rangka acara peresmian pembukaan Kolabora Coworking Space, sekitar 150 tamu undangan dan media juga hadir untuk menyaksikan langsung dan melihat-lihat Coworking Space yang terletak di lantai 21 ini.

Tema Grand Opening Kolabora adalah 'KolaborAksi' yang mengedepankan Kolaborasi dan Aksi. Adapun rangkaian acara untuk Grand Opening salah satunya merupakan pemotongan pita dan tumpeng oleh Budiman Tjahyadikarta selaku Founder Kolabora, Marwan Hertanto dan Landy Tjie selaku Co-founder, dan Ernest Theodore Rettobjaan selaku CEO Kolabora.

“Kehadiran coworking space dan banyaknya pemain coworking space di Jakarta memberikan solusi bagi para Start-up, Entrepreneur, dan pelaku bisnis. Kolabora hadir menawarkan konsep berbeda, dimana coworking lainnya self-service, kami mengedepankan full-service dengan standar hotel dimana background bisnis founder kami yang berasal dari Hospitality business”, kata Ernest Theodore Rettobjaan, CEO Kolabora.

Begitu juga diadakan Mini Talkshow  dengan tema 'Peran Coworking Space dalam perkembangan industri kreatif di Indonesia' yang akan dibahas langsung dengan Ivan Lalamentik selaku Praktisioner Coworking Space dan  Kevin Wu selaku CEO Endorsme, Wakil Ketua KADIN, dan Wakil Ketua Badan Otonom BPP HIPMI. Talkshow akan dibawakan Mario Lasut (CMO Finansialku) selaku moderator.

Live music performance oleh De Serenade turut meramaikan acara Grand Opening Kolabora Coworking Space, yang dilanjutkan dengan jumpa pers dibawakan Carl Ideas Pramudityo, Co-founder Akun.biz selaku moderator dan CEO Kolabora, Ernest Theodore Rettobjaan yang menjawab pertanyaan-pertanyaan dari media seputar apa itu Kolabora, keunikan, dan Aplikasi Kolabora. (OL-09)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More