Kamis 12 September 2019, 11:00 WIB

Trump Tunda Peningkatan Tarif Produk Tiongkok Selama 2 Pekan

Basuki Eka Purnama | Internasional
Trump Tunda Peningkatan Tarif Produk Tiongkok Selama 2 Pekan

AFP/NICHOLAS KAMM
Presiden AS Donald Trump

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Rabu (11/9), mengatakan sepakat menunda peningkatan tarif terhadap produk Tiongkok senilai US$250 miliar selama dua pekan. Menurut Trump, keputusan itu diambil atas permintaan Beijing.

"Kami telah sepakat, sebagai lambang niat baik, untuk menunda peningkatan tarfi terhadap produk bernilai US$250 miliar (sebesar 25% hingga 30%) dari 1 Oktober menjadi 15 Oktober," cicit Trump.

Menurut Trump, penundaan itu diminta oleh Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He dan pada fakta bahwa Tiongkok akan merayakan ulang tahun ke-70.

Baca juga: Peringati 9/11, Trump Bakal Serang Habis-habisan Taliban

Pengumuman itu diungkapkan Trump setelah Tiongkok, sehari sebelumnya, mengatakan bahwa mereka akan membebaskan sejumlah produk AS dari tarif baru, langkah konsiliasi menjelang pertemuan tingkat tinggi antara kedua negara pada bulan depan.

Namun, produk yang dibebaskan itu tidak mencakup sejumlah produk pertanian yang akan menjadi pembahasan kunci dalam pertemuan tingkat tinggi antara kedua negara.

Pengecualian oleh Tiongkok itu akan efektif berlaku pada 17 September dan berlaku selama satu tahun. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More