Kamis 12 September 2019, 07:45 WIB

Festival Lamaholot Dijadikan Ajang Kampanye Diet Plastik

Ferdinandus Rabu | Nusantara
 Festival Lamaholot Dijadikan Ajang Kampanye Diet Plastik

MI/Alex P Taum
Festival Lamoholot

 

FESTIVAL budaya Lamaholot yang digelar di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur juga dijadikan sebagai ajang untuk memerangi sampah plastik. Upaya mengurangi sampah plastik ini diserukan oleh Bupati Flores Timur, Antonius Gege Hadjon saat membuka Festival Lamaholot pada Rabu (11/9).

"Pada kesempatan festival hari ini, saya instruksikan tidak ada sampah di lokasi ini. Festival kali ini tanpa air kemasan. Tidak ada kios atau penjual yang menjual air kemasan dan produk-produk yang berbau plastik. Penyumbang sampah terbesar adalah plastik, sehingga saya sudah sampikan ke ibu kadis pariwisata agar pada festival ini tidak boleh ada air kemasan di lokasi ini. Dan hari ini juga di saat festival ini saya buatkan peraturan bupati (perbup) larangan membuang sampah dan dilarang menggunakan plastik. Sekali lagi Flores Timur tanpa air kemasan. Festival Lamoholot tanpa air kemasan," tegas Bupati Anton.

Lebih lanjut bupati Flotim juga meminta seluruh SKPD dan dinas-dinas untuk tidak lagi menggunakan air kemasan dalam berbagai kegiatan agar dapat mengurangi sampah di daerah ini.

baca juga: Pemerintah Wajib Pasok Air Bersih Gratis

"Tadi saya sudah sampaikan kepada panitia kegiatan agar tidak menyiapakan makanan dan minuman kemasan plastik. Dan ternyata dinas PUPR sudah menyiapkan air di tempat penampungan tanpa bahan plastik. Ini berarti kita sudah mulai menyadari dan mulai melakukan hal yang kecil untuk mengurangi penggunaan sampah plastik," sambung Bupati Anton.

Keseriusan bupati ini dituangkan dalam penandatanganan perbup No 43/2019, tanggal 11/09/2019 tentang pengurangan penggunaan produk plastik. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More