Kamis 12 September 2019, 08:20 WIB

Ucapan Duka Mengalir dari Berbagai Negara

Media Indonesia | Humaniora
Ucapan Duka Mengalir dari Berbagai Negara

APF/Behrouz MEHRI
PM Malaysia Mahathir Mohamad.

 

UCAPAN belasungkawa mengalir dari berbagai negara atas meninggalnya Presiden ketiga Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang lebih dikenal BJ Habibie, di Jakarta, Rabu (11/9), pukul 18.05 WIB.

Ucapan duka disampaikan melalui media sosial oleh sejumlah tokoh dunia.

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Pemerintah Korea Selatan, Inggris, dan Selandia Baru melalui duta besar mereka menyampaikan ucapan belasungkawa.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Takziah kepada keluarga serta seluruh warga Indonesia di atas pulangnya ke rahmatullah Bapak BJ Habibie. Sesungguhnya pemergiannya satu kehilangan besar. Semoga Allah mencucuri rahmat ke atas rohnya. Al Fatihah," cicit Mahathir dalam bahasa Melayu.

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom mengatakan bahwa prestasi dan warisan mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie akan selalu diingat selamanya oleh rakyat Indonesia. "Atas nama rakyat Republik Korea, saya menyampaikan belasungkawa dan simpati terdalam atas meninggalnya mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie. Prestasi dan warisannya untuk Indonesia akan diingat selamanya," ujar Kim Chang-beom melalui akun Twitter-nya.  

Dubes Inggris Owen Jenkins yang mengatakan BJ Habibie akan jadi sosok yang dirindukan banyak pihak. "Rasa duka mendalam kepada keluarga dan bangsa Indonesia atas meninggalnya Presiden ketiga RI. Seorang negarawan dan sahabat Inggris. Sosok Habibie akan dirindukan," kata Jenkins.

 Ucapan dukacita juga disampaikan Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Jonathan Austin, melalui akun Twitter-nya.

"Turut berdukacita atas meninggalnya mantan Presiden BJ Habibie yang menentukan langkah pertama mengembalikan Indonesia ke demokrasi," kata dia.   

Sementara itu, Duta Besar Denmark untuk Indonesia Rasmus Abildgaard Kristensen menyampaikan doa kepada keluarga BJ Habibie. "Mohon terima belasungkawa tulus saya atas meninggalnya Presiden ke-3 Republik Indonesia Pak BJ Habibie. Pikiran dan doa kami bersama keluarga," ujar Dubes Rasmus Abildgaard. 

Di sisi lain, pemerintah dan warga Timor Leste memberikan apresiasi dan penghargaan bagi BJ Habibie dengan menjadikan BJ Habibie sebagai nama jembatan dan taman di Timor Leste pada peringatan 20 tahun Referendum Timor Leste.

"Terkait peresmian jembatan di Dili dengan nama BJ Habibie, ini merupakan kehormatan bagi Pemerintah Indonesia dan khususnya Bapak BJ Habibie," kata Menteri Basuki.

Habibie merupakan tokoh negarawan yang dicintai rakyat Indonesia dan Timor Leste. (Ant/I-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More