Kamis 12 September 2019, 07:00 WIB

Pikat Penggemar Mobil Klasik

(Dro/S-5) | Otomotif
Pikat Penggemar Mobil Klasik

MI/Dero
Mobil Klasik

PAMERAN otomotif The 3rd Indonesia Autovaganza tahun ini jadi sesuatu yang istimewa. Pameran yang digelar pada 6-7 September lalu di arena Qbig BSD Tangerang, Banten, itu, berhasil menyedot perhatian pengunjung karena kehadiran mobil dan motor klasik dari beberapa negera tersohor.

"Pada tahun ketiga penyelenggaraan Autovaganza ini ada sesuatu berbeda, yaitu keterlibatan line up mobil serta motor klasik dari negara-negara yang sudah terkenal dengan berbagai produk otomotif klasiknya, seperti Australia, negara-negara Eropa dan negara Asia lainnya, seperti Jepang dan Korea," ungkap Publisher PT Ekuator Media Vaganza, Munawar Chalil, sebagai penyelenggara The 3rd Indonesia Autovaganza, ketika pembukaan pameran di Tangerang, Sabtu (7/9).

Mobil klasik yang ikut dipamerkan itu, antara lain Bentley Mini Cooper, Mazda RX7, Daihatsu Charman, Alfa Romeo, Volvo series, Holden Series, Nisan Fairlady, dan BMW Series Klasik.

"Untuk pameran kali ini, mobil mobil umur 30-40 tahun, yakni dari 1980-an bahkan 1970-an. Mungkin tahun depan, sebelum tahun 1960-an dan kalau bisa sebelum era Perang Dunia II ikut dipamerkan," kata Munawar.

Roda dua klasik pun tak kalah menarik. Motor-motor idaman muncul, mulai Suzuki GT380, Suzuki GSX-R 750, Honda CBR dengan livery Rothmans, Honda NSR, Suzuki GSX 400, dan Suzuki RGV.

Dia menjelaskan kegiatan tahun ini dibuka dengan Satmodrive (Saturday morning drive) bersama komunitas Retro Classic Car. Penggemar mobil klasik dari berbagai merek berkumpul di rest area Podok Aren (Km 7 Pondok Aren Tol Bintaro-Serpong) dan kemudian konvoi ke QBig City.

"Setidaknya, ada 15 komunitas mobil retro yang terlibat dan sekitar 60 unit kendaraan yang mengikuti konvoi," terang dia.

Pabrikan otomotif yang menjadi peserta pameran juga ikut membawa model-model unggulannya. Toyota, misalnya, membawa Fortuner, Rush, dan Kijang Innova. Hyundai hadir lewat duo SUV, yaitu Hyundai Santa Fe dan Hyundai Kona. Mazda menampilkan Mazda CX-5 dan Mazda MX-5, Chevrolet hadir dengan Trax dan Trailblazer, serta Astra Peugeot membawa New 3008 dan New 5008.

Munawar berharap dari pameran itu bisa jadi jembatan bagi produsen dan konsumen produk otomotif, serta sebagai ajang silaturahim antarsesama penggemar otomotif, baik mobil maupun motor.

Ikuti aturan

Pada kesempatan itu, Munawar ikut mengomentari rencana Pemerintah DKI Jakarta yang membatasi kendaraan 10 tahun ke atas melintas di Jakarta. Pihaknya tidak ingin melawan kebijakan, tetapi ingin diperlakukan adil.

"Jika diminta uji emisi kami siap, kami juga bayar pajak. Kami menolak punah. Kami senang mobil retro bukan hanya karena tak mampu beli mobil baru, melainkan ini mobil kesayangan dan ada juga yang warisan. Ini hanya koleksi. Kami yakin emisi kendaraan retro dapat rendah, selama dirawat dengan baik dan memakai bahan bakar bermutu tinggi," ucapnya. (Dro/S-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More