Rabu 11 September 2019, 23:26 WIB

Diaspora Indonesia di New York sudah Bisa Buka Rekening Rupiah

Henri Siagian | Ekonomi
Diaspora Indonesia di New York sudah Bisa Buka Rekening Rupiah

MI/Susanto
Anggota Komisi XI DPR Eva Kusuma Sundari

 

DIASPORA Indonesia yang di New York, Amerika Serikat, kini sudah bisa membuka rekening dalam mata uang rupiah.

Anggota Komisi XI DPR Eva Kusuma Sundari mengungkapkan itu berdasarkan hasil pengawasan kinerja fungsi perbankan perwakilan di New York, saat dihubungi mediaindonesia.com, Rabu (11/9).

"Ini tidak lazim terjadi, tapi BNI di New York berhasil membuat terobosan untuk memenuhi permohonan anggota diaspora Indonesia di AS," ungkapnya.

Akhirnya, sambung Eva, BNI cabang New York membuat hubungan langsung dengan BNI Jakarta Pusat. "Mereka menjadi seperti agen BNI Jakarta Pusat. Jadi, meski membuka rekening di New York, tercatat di BNI Jakarta Pusat," paparnya.

Sehingga, lanjut Eva, para diaspora Indonesia tinggal membuka rekening rupiah di BNI New York dan otomatis tercatat di BNI Jakarta Pusat. "Jadi kalau mau mengirim duit, tinggal datang ke BNI New York. Pihak BNI New York langsung mengonversi ke rupiah dan langsung tercatat dalam rekening mereka yang tercatat di BNI Jakpus," ujarnya.

Selain itu, Eva memuji kinerja pihak hubungan masyarakat (humas) BNI. "Karena hubungan yang baik, ketika ada pejabat konsulat jenderal RI (KJRI) yang pindah tugas ke Kanada, BNI jadi bisa bermitra dengan tiga bank besar di Kanada," kata dia.

Baca juga: Prediksi Resesi Terlalu Jauh

Menurut Eva, tantangan ke depan adalah peran perbankan dalam memfasilitasi perdagangan antara indonesia dan AS. "Mereka aktif berpartisipasi dalam pameran dagang di New York. Minat luar biasa. Demand barang dari Indonesia ada, problemnya kontinuitas produksi. Misalnya permintaan tiga kontainer, perusahaan Indonesia baru sanggup 1 kontainer. Itu tantangannya." (X-15)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Kementan Jamin Kelancaran Distribusi Pangan

👤DESPIAN NURHIDAYAT 🕔Minggu 29 Maret 2020, 06:50 WIB
Karena menyangkut hajat hidup masyarakat, Kementan berupaya pangan sampai ke...
Antara/Puspa Perwitasari

Ada Covid-19, Perusahaan Ini Percepat Bagi Bonus Karyawan Rp318 M

👤Raja Suhud 🕔Sabtu 28 Maret 2020, 23:50 WIB
Manajemen Indosat juga mengumumkan segera memberikan bonus tahunan lebih awal sebesar total Rp318 miliar kepada seluruh...
Antara/Abriawan Abhe

Ini Tata Cara Pengerjaan Proyek Perkeretaapian Selama Covid-19

👤Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 28 Maret 2020, 22:10 WIB
Disarankan penundaan sementara pekerjaan switch over yang melibatkan jumlah personil yang banyak (tidak dimungkinkan untuk menjaga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya