Kamis 12 September 2019, 05:00 WIB

Benahi Sektor Kesehatan demi SDM Unggul

(Rif/H-1) | Humaniora
Benahi Sektor Kesehatan demi SDM Unggul

(Istimewa)
Forum diskusi perkumpulan alumni Universitas Harvard di Indonesia, Harvard Club Indonesia (HCI), di DPR

 

HARVARD Club Indonesia (HCI), sebuah platform think-tank yang beranggotakan alumni Universitas Harvard, AS, di Indonesia, menilai ada tiga aspek yang harus dibenahi di sektor kesehatan Indonesia. Ketiga aspek itu, menurut Presiden HCI Melli Darsa, dalam diskusi di Gedung Nusantara DPR, Jakarta, yakni ketersediaan dan kualitas SDM bidang kesehatan, kualitas kesehatan masyarakat, dan keberlangsungan serta mutu jaminan sosial kesehatan yang harus disediakan pemerintah.

Hal senada dikemukakan anggota Komisi IX DPR Nova Riyanti Yusuf, masalah kesehatan kejiwaan harus menjadi salah satu fokus pemerintahan Jokowi periode kedua. Nova, yang juga psikiater profesional ini menyebut masalah kejiwaan dan mental telah memasuki masa kritis karena sudah menjangkit anak-anak muda Indonesia.

"Kalau mau kejar generasi emas 2045 dibutuhkan visi kesehatan yang adaptif dan komprehensif, mencakup kesehatan kejiwaan. Kita sudah punya UU Kejiwaan sejak 2014, tinggal implementasinya," jelas Nova. Data Global School-Based Student Health Survey (2015) di Indonesia, imbuh Nova, ide bunuh diri pada remaja perempuan sebesar 5,9% dan laki-laki 4,3%. Namun, percobaan bunuh diri pada laki-laki lebih tinggi daripada perempuan, yakni 4,4% dan perempuan 3,4%. (Rif/H-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More