Kamis 12 September 2019, 04:40 WIB

Produk Kerajinan Indonesia Harus Berdaya Saing Global

(Nur/H-1) | Humaniora
Produk Kerajinan Indonesia Harus Berdaya Saing Global

BPMI Setpres
Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla meninjau stan seusai menghadiri pembukaan Pameran Kriyanusa 2019

 

KETUA Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla berharap produk kerajinan Indonesia memiliki daya saing, baik di pasar domestik maupun internasional. Maka dari itu, ia meminta kepada Dekranas daerah untuk terus melakukan pembinaan kepada para perajin agar dapat mengembangkan produk unggulan masing-masing.

"Saya harap produk kerajinan semakin maju sehingga dapat menembus pasar global lebih besar lagi," katanya saat membuka acara Kriyanusa Pameran Kerajinan Nusantara Tahun 2019 yang juga dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Balai Kartini, Jakarta, kemarin.

Industri kerajinan, terangnya, merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang pertumbuhannya sangat cepat dan berkembang hampir di seluruh pelosok Tanah Air, mulai skala kecil sampai menengah. Industri tersebut berperan penting dalam perekonomian nasional. "Oleh sebab itu, produk kerajinan bisa menjadi andalan mata pencarian, terutama dengan pemanfaatan sumber daya setempat dan pengembangan kreatif lokal," ucap Mufidah.

Di acara itu juga dinobatkan pembina teladan terbaik kepada Dekranasda Nusa Tenggara Timur. Mufidah mengatakan penting dilaksanakan Dekranas Awards untuk pembina teladan. Tujuannya untuk memotivasi para pembina agar terus membina perajin di daerahnya. (Nur/H-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More